Stuttgart bertemu Bayern Munich di laga final Piala Jerman

id Bayern Munich, VfB Stuttgart

Stuttgart bertemu Bayern Munich di laga final Piala Jerman

Final Piala Jerman (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Berlin (ANTARA/Reuters) - VfB Stuttgart menyingkirkan Freiburg 2-1 pada laga semifinal Piala Jerman Rabu (17/4) sehingga akan mempertemukannya dengan Bayern Munich di final piala itu dan mengamankan satu tempat di Liga Europa pada musim mendatang.

Dengan Bayern yang sudah dipastikan meraih gelar juara Liga Utama Jerman (Bundesliga) musim ini, Stuttgart, yang berada di posisi 12 dalam klasemen liga utama itu dan tidak mendapat jatah ke Liga Europa berdasarkan posisi klasemen tersebut, akhirnya berhasil merebut satu tempat di ajang liga Eropa musim mendatang itu sekalipun jika mereka kalah di final nanti yang akan digelar 1 Juni mendatang di Berlin.

Stuttgart, juara tiga-kali Piala Jerman, yang terakhir kali mencapai final piala itu pada 2007, menyarangkan gol terlebih dahulu di menit ke-10 saat Arthur Boka mencetak gol itu setelah mendapat umpan dari Ibrahima Traore yang mengiringnya secara mempesona sepanjang 40-meter.

Namun kegembiraan mereka tidak berlangsung lama ketika Jan Rosenthal berlari dengan sangat cepat ke arah gawang Stuttgart dan menaklukkan Sven Ulreich melalui tembaknnya yang akurat dalam serangan pertama Freiburg di menit ke-14.

Pemain internasional Austria Martin Harnik, yang kehilangan peluang besar di menit-menit pembukaan, memulihkan keunggulan Stuttgart melalui tandukannya dari jarak dekat dan masuk pada saat pertandingan baru berlangsung setengah jam.

"Ini merupakan momen spesial dan itulah mengapa kami melakukan tugas ini," ujar pelatih Stuttgart Bruno Labbadia, yang timnya ini ikut berkompetisi laga Liga Europa League musim ini namun mengalami awal yang kurang beruntung pada tahun baru lalu.

"Tim saya berjuang dengan mengerahkan segalanya yang mereka miliki. Tim ini sudah sampai pada batasnya secara terus-menerus dalam dua setengah tahun terakhir ini dan kini sudah sepantasnya tim ini mendapatkan kesempatan itu."

Freiburg, yang menempati posisi kelima di Bundesliga dan tengah berusahan mencapai kualifikasi bagi Liga Europa musim mendatang, berusaha untuk bangkit melakukan perlawanan.

Namun kiper Ulreich berhasil menangkis tembakan Max Kruse untuk menyelamatkan gawang dari kebobolan gol di babak kedua, yang merupakan peluang gol terbaik satu-satunya bagi tim tamu itu.

Sebanyak 59.000 penonton tuan rumah yang sebagian besar pendukung Stuttgart mulai merayakan kemenangan mereka bahkan sebelum peluit tanda pertandingan berkahir berbunyi, dengan berteriak-teriak "Kami akan pergi ke Berlin".

Penerjemah : A. Rachma