Ratusan mahasiswa keracunan makanan

id keracunan, mahasiswa keracunan makanan

Ratusan mahasiswa keracunan makanan

Ilustrasi - Keracunan makanan (FOTO ANTARA/Asnadi M Aridi/13)

Kairo (ANTARA/Xinhua-OANA) - Sedikitnya 500 mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir, diketahui keracunan makanan, tapi tak ada laporan mengenai mahasiswa yang meninggal, kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mesir Yahia Moussa kepada Xinhua, Selasa.

"Sejauh ini, jumlah kasus keracunan makanan di kalangan mahasiswa Universitas Al-Azhar mencapai 561 sejak Senin malam (1/4)," kata Moussa.

Kasus tersebut terjadi di asrama Universitas Al-Azhar di Kota Nasr, sebelah timur Ibu Kota Mesir, Kairo, setelah mereka menyantap makan siang dari restoran kota mahasiswa.

Mahasiswa yang keracunan dibawa ke rumah sakit yang berdekatan untuk diberi pengobatan medis.

Sementara itu, ratusan mahasiswa yang marah menggelar demonstrasi pada Selasa di luar kota mahasiswa tersebut, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam. Mereka berencana berpawai ke Markas Universitas Al-Azhar, untuk menyerukan pemecatan Rektor Universitas Al-Azhar Osama el-A'bd, demikian laporan kantor berita resmi Mesir, MENA.

Menurut MENA, el-A'bd memerintahkan penskoran para direktur di Kota Universitas dan derpartemen gizi universitas itu. Ia menyerahkan mereka kepada Jaksa Agung untuk diperiksa.

Satu delegasi dari Kementerian Kesehatan berencana mendatangai universitas tersebut untuk memeriksa langkah kesehatan di restoran di kota universitas itu.

Penerjemah: Chaidar