Desa Air Baluy Musi Bayuasin dilanda banjir

id banjir, bantuan korban banjir

Desa Air Baluy Musi Bayuasin dilanda banjir

Banjir (FOTO ANTARA)

Palembang (Antara Sumsel) - Ratusan rumah warga di Desa Air Baluy, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Minggu pagi, direndam banjir karena sungai di daerah itu meluap setelah diguyur hujan lebat.

Akibat banjir itu tidak hanya merendam rumah dan akses jalan antardesa, tetapi juga merendam ratusan hektare lahan pertanian dan perkebunan warga setempat, sedangkan mengenai korban jiwa sementara ini belum ada laporan, kata Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel MS Sumarwan di Palembang.

Untuk meringankan penderitaan korban banjir tersebut, sekarang ini pihaknya telah menurunkan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) melakukan pendataan para korban, bantuan apa yang dibutuhkan, dan menyiapkan tenda penampungan sementara, katanya.

Dijelaskannya, Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu daerah di provinsi yang memiliki 15 kabupaten/kota ini cukup rawan dilanda banjir.

Sebelumnya pada awal Januari 2013 banjir pernah melanda Kecamatan Sanga Desa dengan korban yang lebih banyak seperti di Desa Keban I mengakibatkan 100 kepala keluarga (KK) mengalami banjir, Desa Trans Air Baluy 660 KK, dan Desa Ulak Embacang mengakibatkan 650 KK mengalami banjir.

Selain itu juga banjir melanda ribuan warga di beberapa kecamatan lainnya dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin seperti Kecamatan Lais, Kecamatan Bayung Lencir, dan Kecamatan Batang Hari Leko.

Melihat kondisi cuaca di wilayah Sumsel masih terdapat curah hujan yang cukup tinggi, pihaknya akan terus meningkatkan kesiagaan relawanan Tagana binaan Dinas Sosial terutama pada daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor.

Dengan kesiagaan yang tinggi, relawan Tagana bisa cepat turun ke lapangan guna membantu masyarakat yang tertimpa bencana sehingga bisa dihindari timbulnya berbagai permasalahan sosial, kata Sumarwan yang juga sebagai Koordinator Tagana Sumsel itu.(Y009)