Pulau Semakau Riau dirampas Singapura isu bohong

id pulau semakau, pulau semakau riau, ramadhan pohan, komisi i dpr ri

Jakarta  (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ramadhan Pohan menegaskan bahwa berita yang beredar di beberapa media sosial dan cetak mengenai perampasan Pulau Semakau di Provinsi Riau oleh Singapura adalah isu yang tidak benar atau kebohongan.

"Tidaklah benar isu di media sosial dan media cetak bahwa telah terjadi 'pencaplokan' asing oleh Singapura terhadap Pulau Semakau di Kelurahan Basu, Kecamatan Belakang Padang yang terletak di Kepulauan Riau," kata Ramadhan dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Dia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan ganda mengenai hal tersebut melalui instansi-instansi dan petugas pemerintahan, antara lain  pejabat Istana, pejabat di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, serta Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional, Kementerian Luar Negeri.

Ramadhan Pohan menjelaskan bahwa telah terjadi salah paham karena faktanya ada dua pulau Semakau, yaitu Pulau Semakau milik Indonesia terletak di Kepulauan Riau, sedangkan Pulau Semakau milik Singapura yang terletak di wilayah negara tersebut.

"Jadi, tidak ada pencaplokan oleh Singapura atas Pulau Semakau Besar bagian dari Kepulauan Riau yang berada di wilayah Indonesia. Hal ini tergambar jelas di peta dan Pemda Kepri (Kepulauan Riau-red) memahami bahwa ada pulau Semakau lain yang dari dulu memang milik Singapura," jelasnya.

Oleh karena itu, Ramadhan menyesalkan adanya penyebaran informasi yang tidak benar di beberapa media sosial, seperti 'Tweeter' oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Semestinya, segala sesuatu harus ditelusuri terlebih dahulu, jangan langsung di 'blow up' (diberitakan) dan bahkan ditambah dengan isu yang mendiskreditkan pemerintah," ujarnya.

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan dari Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri, tidak terdapat peta Singapura yang mencantumkan Pulau Semakau, Kelurahan Basu yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau ke dalam wilayah Singapura.

"Hasil verifikasi data yang diperoleh dari Dinas Hidro-Oseanografi TNI-AL, Badan Informasi Geospasial, dan situs resmi Singapura hingga 18 januari 2013 juga menyatakan hal yang sama," ungkapnya.

"Dalam peta Singapura hanya terdapat Pulau Semakau yang lokasinya berada di sisi dalam pulau-pulau terluar Singapura," tambahnya.  (ANT)