Ribuan truk terhalang macet di Bakauheni

id truk, terhalang macet di bakaheuni lampung

Ribuan truk terhalang macet di Bakauheni

Ribuan truk terhalang di Bakauheni, Lampung (FOTO ANTARA)

Bakauheni (ANTARA Sumsel) - Ribuan truk yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, masih terhalang macet sepanjang empat kilometer lebih di jalan lintas Sumatera menjelang pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung, akibat cuaca buruk di Perairan Selat Sunda.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Kamis sore, kemacetan terjadi dari pintu masuk pelabuhan mengular hingga empat kilometer lebih karena kendaraan truk yang akan menyeberang sudah penuh menumpuk di areal parkir dalam pelabuhan itu sejak pagi hingga sore hari.

Arus kendaraan yang datang dari sejumlah kota di Sumatera menuju Pulau Jawa sangat tinggi tidak sebanding dengan layanan penyeberangan di pelabuhan itu hingga kendaraan truk yang ada di dalam pelabuhan itu sudah penuh terutama truk pengangkut berbagai jenis barang.

Lalu kapal feri atau roll on roll off (Ro-ro) yang sandar dan tolak di pelabuhan itu juga sangat jarang karena kondisi permukaan Perairan Selat Sunda hujan deras dan hembusan angin sangat kencang, meskipun ada perjalanan kapal sangat lambat dengan posisi miring karena melawan terpaan angin.

Sementara, untuk kendaraan penumpang seperti bus, kendaraan pribadi dan truk yang mengangkut sembako serta hasil bumi tetap diprioritaskan untuk lebih dulu menyeberang.(ANT)