Morotai jadi lokasi peluncuran roket Lapan

id roket, peluncuran roket, morotai tempat roket, lapan luncurkan roket

Morotai jadi lokasi peluncuran roket Lapan

Ilustrasi - Peluncuran roket (FOTO Antarasumsel.com/Feny Selli)

Ternate (ANTARA Sumsel) - Tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan survei di sejumlah lokasi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), untuk dijadikan tempat peluncuran Roket Pengorbit Satelit (RPS) pada tahun 2013.

Sekretaris Bappeda Pulau Morotai, Iskandar Latuconsina ketika dihubungi dari Ternate, Sabtu mengatakan, tim Lapan telah melakukan survey tempat di wilayah Kabupaten Pulau Morotai untuk melakukan persiapan peluncuran roket.

Menurut dia, tim survei dari Lapan yang dipimpin Prof Dr, Ing Soewarto Hardhienata sedang mengembangkan RPS yang didesain dan dibuat secara mandiri untuk mengorbitkan satelit buatan sendiri.  

Sejak tahun 2008, secara bertahap upaya untuk mewujudkan RPS telah dilakukan, dan Lapan yang telah berhasil diluncurkan yakni RX-320 pada (19/05/2008) dan RX-420 pada (2/7/2009) di stasiun Uji Terbang Pameungpeuk, Jabar.

Lapan juga melakukan uji statis RX-550 pada tahun 2011 dan 2012. Uji statistik merupakan pengujian di darat untuk mengetahui kinerja dan daya dorong roket saat akan tinggal landas. Diakuinya untuk RX-550 roket sonda terbesar yang pernah dikembangkan oleh LAPAN ini diharapkan nantinya bisa dapat diuji terbang pada tahun 2013.

Ia mengatakan, untuk lokasi uji terbangnya Lapan berkeinginan melakukan kerja sama dengan Pemda Morotai untuk bisa memfasilitasi sebagai tempat peluncuran roket dari LAPAN nantinya.

Selain itu untuk program pengembangan RPS, Lapan juga telah selesai merancang bangun dan menguji satelit Lapan-A2 pada tahun 2012 ini, sehingga ini merupakan kelanjutan dari program pembangunan dan pengembangan satelit Lapan setelah suksesnya misi operasi satelit Lapan tubsat (Lapan-A1).

"Satelit ini siap diluncurkan pada tahun 2013 di stasiun peluncur di luar negeri, saat ini, Indonesia belum mempunyai bandar antariksa dan wahana peluncur satelit, sehingga satelit buatan Indonesia masih diluncurkan dengan menggunakan wahana peluncur dari negara lain.  

Ia mengatakan, di dunia tercatat beberapa negara yang mampu meluncurkan satelit sendiri, termasuk mampu membuat kendaraan peluncur antara lain Rusia, Amerika Serikat, Perancis, Jepang China, India, Israel, Dan Ukraina.

Sedangkan untuk Indonesia nantinya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi roket pengorbit satelit dan kelak mempunyai bandar antariksa untuk meluncurkan roket buatan sendiri.

Oleh karena itu, dengan adanya peluncuran roket dari Lapan, Morotai yang mempunyai potensi kelautan dan pariwisata, untuk menjadi daerah wisata pengetahuan, sebagai daerah untuk peluncuran roket pada 2013 nanti.

Sehingga dengan program ini juga bupati memberi apresiasi dan nantinya dari Pemda sendiri akan memberikan pembebasan lahan yang saat ini sudah dilakukan, sebagai sarana ikut mendukung dengan diadakan program ini. (Ant)