Sekitar 1.600 restoran Indonesia di Belanda

id restoran, makanan, kuliner, restoran indonesia di belanda

Sekitar 1.600 restoran Indonesia di Belanda

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

London (ANTARA Sumsel) - Makanan Indonesia sangat populer di Belanda, ditandai dengan keberadaan sekitar 1.600 restoran dan toko yang menyajikan kuliner Indonesia.

Di sela-sela kegiatan Forum Infrastruktur Indonesia yang diadakan di Den Haag, Wamen Perdagangan RI, Bayu Krishnamurti didampingi Dubes Retno L.P. Marsudi, meluncurkan direktori restoran/toko/warung Indonesia yang berada di Belanda.

Direktori ini disusun oleh KBRI Den Haag dan akan diperbarui dari waktu ke waktu, ujar Minister Counsellor Penerangan dan Sosial Budaya, Bonifatius Agung Herindra kepada ANTARA London, Kamis.

Belanda merupakan negara di mana paling banyak terdapat restoran/toko/warung yang menyajikan makanan Indonesia. Dari data yang dimiliki KBRI, sekitar 1.600 restoran/toko/warung menyajikan makanan Indonesia. Makanan Indonesia sangat populer di Belanda.

Peluncuran direktori ini merupakan upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan popularitas makanan Indonesia di Belanda. Popularitas makanan Indonesia di Belanda akan berpengaruh terhadap ekspor Indonesia ke Belanda.

Direktori ini menurut rencana akan diletakkan atau disebarluaskan di tempat-tempat umum, agar lebih banyak lagi warga Belanda dan atau turis asing yang masuk ke negara itu mengenal  aneka makanan khas Indonesia.
(H-ZG/H-KWR)