Candi Muarojambi berpotensi jadi warisan dunia

id candi muarojambi, warisan dunia

Candi Muarojambi berpotensi jadi warisan dunia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan mengunjungi kawasan Candi Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Provini Jambi (FOTO ANTARA)

Jambi  (ANTARA Sumsel) - Dari penelitian dan kajian oleh Unesco, situs Candi Muarojambi di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, mempunyai potensi besar untuk dijadikan warisan dunia.

Untuk itu, Candi Muarojambi perlu mendapatkan perhatian dan dukungan dari semua pihak, kususnya dari pemerintah daerah, agar peninggalan sejarah itu tetap lestari, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Didi Wurjanto dalam seminar tentang Kawasan percandian Muarojambi di Jambi, Selasa.

"Kita berharap masyarakat atau stakeholder yang ada mengetahui apa keistimewaan Candi Muaorjambi, sehingga layak menjadi warisan dunia," kata Didi.

Seminar tersebut bertujuan untuk menanamkan kepedulian, mendukung, memberikan masukan dan pencerahan seta meningkatkan wawasan masyarakat terhadap percandian Muarojambi.

Seminar yang diikuti sekitar 70 orang itu, antara lain berasal dari Provinsi Jambi dan utusan dari provinsi di wilayah Sumatera.

Seminar ini juga menghadirkan nara sumber ahli dan para arkeolog yang memahami tentang Candi Muarojambi.

Menurut Didi, untuk menuju warisan dunia, butuh proses panjang, karena banyak yang harus dipersiapkan dan perlu dukungan dari pemerintah provinsi dan kabupaten.

Selain itu, setelah ditetapkan menjadi warisan duniapun, Unesco memberikan waktu empat tahun, jika dalam kurun waktu tersebut kondisi Candi Muarojambi semakin menurun maka Unesco akan mencabut status tersebut. (ANT)