Dortmund ditahan Fortuna, Schalke kalah

id Borussia Dortmund

Berlin (ANTARA/Reuters) - Klub juara Borussia  Dortmund bermain imbang 1-1 lawan tim yang baru dipromosikan Fortuna Dusseldorf, Selasa, sehingga posisinya semakin kuat di urutan kedua klasemen kompetisi Liga Jerman (Bundesliga) tapi belum berhasil mengancam kedudukan klub puncak Bayern Munich.  

Gol yang diciptakan Jakub Blaszczykowski sebelum istirahat kelihatannya cukup memberi keuntungan bagi Dortmund, tetapi Stefan Reisinger menyamakan kedudukan menit ke-78 bagi tim tamu yang sedang berjuang mempertahankan tiga kemenangan mereka.  

Dortmund, yang akan bertemu dengan Bayern pada laga akbar musim ini, Sabtu, kehilangan kecepatan (speed) dan ketepatan dalam kotak lawan sedangkan pengatur serangan Mario Goetze dan pemain tengah Mats Hummels istirahat.  

Nasib baik bagi tim yang akhirnya bermain dengan 10 orang itu, ketika terjadi gol mendekati akhir permainan, setelah hukuman kartu kuning kedua dijatuhkan kepada Ivan Paurevic.

Hasil seri itu membuat Dortmund kini mengoleksi 26 poin, dua angka dari Schalke 04 yang kalah 1-3 di Hamburg SV. Eintracht Frankfurt juga bertahan dengan nilai 24 setelah mengalami kekalahan kandang pertama musim ini.  

Bayern, di puncak dengan simpanan 34 poin, berkunjung ke Freiburg Rabu dan Bayer Leverkusen, dengan simpanan 24 poin, akan naik ke urutan kedua dengan kemenangan di Werder Bremen.

"Kami tidak melakukan tekanan besar kepada mereka," kata pelatih Dortmund Juergen Klopp kepada wartawan, "Kami kurang sigap dan memang tidak memiliki banyak peluang. Dusseldorf amat bagus ketika melakukan serangan balik."  

Hamburg memperlihatkan permainan mengesankan dan bisa menang musim ini kendati tanpa diperkuat Rafael van der Vaart, ketika timnya mencetak angka tiga kali pada babak kedua ketika mengalahkan Schalke 3-1 dan naik ke urutan ke delapan dan kembali mengincar kompetisi Eropa.  

Tembakan dari jarak 20 meter yang dilancarkan Artjoms Rudnves  pada menit ke-52 membuat mereka memimpin dan Artjoms Rudnves mencetak gol kedua dari jarak lima meter pada menit ke-65.  

Striker dari Belanda Klaas-Jan Huntelaar mempertipis kekalahan Schalke tapi tim tuan rumah kembali menambah angka mereka lewat tendangan penalti Milan Badelj pada menit akhir, sehingga Hamburg mengakhiri laga dengan gemilang setelah minggu lalu kalah atas Fortuna.  

Gol yang diciptakan Mame Diouf dan Mario Eggimann membuat Hanover 96, yang kalah dalam dua pertandingan terakhir mereka, menang 2-0 atas Greuther Fuerth sehingga mereka naik lagi ke urutan keenam klasemen dengan simpanan 20 poin. 
(ANT/F001)