William juara dunia ski air slalom putra

id ski air, asher william juara dunia ski air

William juara dunia ski air slalom putra

Sejumlah atlet ski air dunia uji kemampuan di Danau Jakabaring, Palembang (FOTO Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Atlet profesional asal Jerman Asher William menjuarai Kejuaraan Dunia Ski Air dan Wakeboard 2012 setelah pada final slalom putra di danau buatan Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu, mencetak poin hingga tali 11,25 meter 5 bola.

Raihan atlet kelahiran Boston, Lincolnshire, 6 Agustus 1982 ini mengunguli enam atlet lainnya yang berhasil menembus partai puncak, Parrish Chris (Amerika Serikat) tali 11,25 meter 4 bola, Allais Carlo (Itali) tali 11,25 meter 3 bola, Degasperi Thomas (Itali) tali 11,5 meter 3 bola, Smith Nate (Amerika Serikat) tali 11,25 meter 2,5 bola, dan Wing Joel (Australia) 10,75 meter 2 bola.

William berhasil keluar sebagai pemenang setelah unggul hanya satu bola dari Parrish Chris yang menjadi rival abadinya dalam beberapa tahun terakhir. Begitu pula dengan Degasperi Thomas sebagai menyandang dua kali juara dunia setelah defisit dua bola.

"Saya senang sekali bisa mengeluarkan penampilan terbaik pada Kejuaran Dunia kali ini meski tidak bisa memecahkan rekor sendiri yang pernah mencetak tali 9,75 meter 1 bola," kata atlet dengan tinggi 178 cm dan berat 60 kg ini.

Baginya, keberhasilan menjadi juara dunia 2012 tetap luar biasa karena menjadi catatan terserdiri dalam perjalanan karir profesional.

"Siapapun ingin menjadi juara dunia dan saya telah membuktikan bisa menjadi yang terbaik untuk saat ini," ujar peringkat satu Elite Slalom tahun 2008 ini.    

Pada babak penyisihan, Sabtu (24/11), justru menempatkan Wing Joel pada peringkat teratas dengan tali 10,75 meter 2 bola, disusul Parrish Chris tali 10,75 meter 3 bola, dan empat atlet memiliki skor sama yakni Allais Carlo (Itali), Degesperi Thomas (Itali), Asher William (Jerman), Smith Nate (Amerika Serikat) dengan mencatatkan 3 bola perpendekan tali 11,25 meter. Namun, pada partai puncak menempatkan William yang mampu keluar sebagai pemenang.

Kejuaraan dunia yang digelar di Palembang itu merupakan ajang paling bergengsi dalam kalender IWWF dengan memperebutkan hadiah total hadiah sekitar Rp2,75 miliar, dengan diikuti 32 atlet wakeboard dan 31 atlet ski air dari 22 negara. Sebanyak tiga kategori yang dipertandingkan yakni slalom, wakeboard, dan jumping.

Para atlet profesional itu diantaranya berasal dari Jepang, Amerika Serikat, Australia, China, Korea, Thailand, Jerman dan Indonesia. Tuan rumah sendiri mendelegasikan delapan atlet melalui jalur wild card, sementara para peserta lain merupakan pemeringkat satu hingga 20 dunia yang tidak bisa digantikan jika memutuskan absen. Salah satu peserta Harley Clifford (Australia) yang menjadi juara dunia wakeboard tahun lalu. (Dolly)