Bangkai ikan paus terdampar di pantai

id ikan paus, bangkai ikan paus, ikan paus terdampar

Bangkai ikan paus terdampar di pantai

Ilustrasi - Ikan paus terdampar (FOTO ANTARA)

Cilacap (ANTARA Sumsel) - Bangkai seekor ikan paus terdampar di Pantai Sidayu Indah, Desa Sidayu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Bangkai ikan paus tersebut baru diketahui warga sekitar pukul 10.00 WIB," kata seorang penjaga pantai, Iqbalul Murid (32) di Pantai Sidayu Indah, Kecamatan Binangun, Cilacap, Kamis.

Menurut dia, bangkai ikan paus yang mulai membusuk itu mempunyai panjang tubuh sekitar 10 meter dan tergeletak di bibir pantai.

Oleh karena itu, kata dia, warga setempat mengambil sirip bangkai ikan tersebut.

Salah seorang warga, Sadiran (38) mengaku sengaja mengambil sirip bangkai ikan paus itu untuk dijadikan hiasan di rumah.

"Sirip ikan ini tidak mungkin laku dijual sehingga akan saya keringkan sebagai hiasan di rumah," katanya.

Warga lainnya, Mukhlisudin (40), mengatakan bahwa bangkai ikan tersebut akan ditarik ke daratan dan selanjutnya dikubur karena telah mengeluarkan bau busuk yang tercium hingga jauh.

"Dari pengalaman yang lalu, bangkai ikan itu akan dikubur," katanya.

Menurut dia, bangkai ikan paus juga pernah terdampar di sekitar pantai ini beberapa tahun lalu.

Dari pantauan ANTARA, bangkai ikan paus yang terdampar di Pantai Sidayu Indah berombak besar ini menjadi tontonan warga.

Meskipun telah mengeluarkan bau busuk, warga tetap mendekati bangkai ikan paus tersebut sembari menutup hidung.

"Saya baru dengar tadi pukul 14.00 WIB sehingga langsung datang ke sini karena penasaran ingin melihat bangkai ikan paus itu," kata Kitam (25), warga Desa Widarayung Wetan, Kecamatan Binangun. (KR-SMT)