Landasan bandara Silampari jadi ajang balapan liar

id balapan liar, bandara silampari lubuklinggau

Landasan bandara Silampari jadi ajang balapan liar

Landasan Bandara Silampari Kota Lubuklinggau dijadikan arena balapan motor liar (FOTO ANTARA)

....Landasan pacu Bandara Silampari Kabupaten Musi Rawas yang terletak di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, saat ini menjadi ajang balapan liar kalangan anak muda setempat....
Lubuklinggau  (ANTARA Sumsel) - Landasan pacu Bandara Silampari Kabupaten Musi Rawas yang terletak di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, saat ini menjadi ajang balapan liar kalangan anak muda setempat.

"Sudah dilarang tapi masih saja terjadi, kami juga sudah meminta bantuan petugas Polres setempat untuk menghentikan aksi balapan liar di landasan pacu Bandara Silampari tetapi cuma berhenti saat ada petugas datang setelah itu aksi balapan ini terulang lagi," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Musi Rawas, Ari Narsa JS di Kota Lubuklinggau, Selasa.

 Aksi balapan liar di landasan pacu bandara daerah tersebut kata dia, dilakukan setiap sore hari. Balapan liar ini juga sudah memakan korban jiwa baik luka-luka maupun meninggal dunia, namun tidak membuat jera pelaku yang kebanyakan berusia belasan tahun itu.

Untuk itu, pihaknya saat ini tengah menggenjot pengerjaan perpanjangan landasan pacu bandara setempat dari 1.350 meter menjadi 2.250 meter, yang saat ini sudah mencapai 1.818 meter.

Jika pengerjaan perpanjangan sudah selesai maka akses jalan poros dan jalan tikus menuju bandara akan ditutup dan dialihkan ke daerah lainnya, sehingga orang tidak dapat masuk lokasi bandara selain lewat pintu gerbang utama.

Dia juga mengimbau pihak Pemkot Lubuklinggau, agar segera membebaskan lahan untuk pengalihan jalan poros Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, yang membelah landasan pacu. Jika pengerjaan perpanjangan landasan pacu telah selesai, maka akses jalan masyarakat ini tidak dapat digunakan lagi karena akan ditutup dengan tembok keliling.

Pengerjaan perpanjangan landasan pacu Bandara Silampari Musi Rawas yang terletak di tengah Kota Lubuklinggau, menurut dia, pada tahun ini memasuki tahap II dan diperkirakan selesai akhir November 2012 nanti dan awal 2013 sudah dapat didarati pesawat jenis Boeing 737-200.

Proyek perpanjangan landasan pacu, kemudian pengadaan peralatan navigasi dan peralatan pendukung bandara serta pembangunan terminal penumpang dari 2010 lalu hingga 2012 sudah menghabiskan dana mencapai Rp100 miliar, dengan sumber berasal dari APBN, APBD Pemprov Sumsel, APBD Pemkab Musi Rawas dan sumbangan daerah tetangga yakni Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Empat Lawang. (ANT/NMD)