Tarian soya-soya bawah laut meriahkan Sail Morotai

id tari soya soya, sail morotai

Tarian soya-soya bawah laut meriahkan Sail Morotai

Sail Morotai 2012 (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Ternate (ANTARA Sumsel) - Tarian soya-soya di bawah laut akan menjadi salah satu atraksi yang disuguhkan pada puncak Sail Morotai di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, 15 September 2012.

"Tarian soya-soya di bawah laut tersebut akan dibawakan 100 penyelam dari Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSI) Malut," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga Malut Djafar Umar di Terante, Selasa.

Tarian soya-soya adalah salah satu tarian tradisional yang  populer di Malut, yang selama ini sering ditampilkan pada penyambutan tamu penting yang berkunjung ke Malut atau pembukaan kegiatan besar di daerah ini.

Djafar yang juga Panitia Lokal Sail Morotai itu mengatakan, tarian Soya-soya di bawah laut akan disuguhkan bersamaan dengan penampilan atraksi tarian penyambutan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang melibatkan 1.000 penari.

Ketika tarian penyambutan Presiden RI itu ditampilkan di darat maka pada saat yang sama juga tarian Soya-soya akan disuguhkan di bawah laut, yang lokasinya tepat berada di belakang tempat acara puncak Sail Morotai di Desa Juanga, Morotai Selatan.

"Kalau di Sail Belitung ditampilkan atraksi main catur di bawah laut atau di Sail Bonaken dimeriahkan dengan menaikkan bendera Merah Putih di bawah laut, di Sail Morotai kami akan suguhkan atraksi tarian soya-soya di bawah laut," katanya.

Tarian soya-soya di bawah laut pada puncak Sail Morotai tersebut diharapkan bisa masuk MURI karena selama ini belum ada penampilan tarian tradisional di bawah laut dengan melibatkan 100 penyelam.

Seorang budayawan di Malut, Dino Umahuk menjelaskan, tarian soya-soya diangkat dari peristiwa heroik yang dilakukan para pejuang di Malut saat merebut jenazah Sultan Ternate dari penguasaan Portugis.

Pejuang yang memimpin perebutan jenazah Sultan Babullah tersebut bernama Soya dan untuk mengenang keberaniannya kemudian diabadikan menjadi tarian soya-soya, yang dalam penampilannya memperagakan gerakan perang dan peralatan perisai.
(ANT-L002/N002)