Kasus Curat di Jambi mendominasi selama Lebaran

id kasus curat, dominasi, lebaran

Jambi (ANTARA Sumsel) - Kasus pencurian dengan pemberatan atau curat mendominasi angka kejahatan di Jambi selama lebaran tahun ini.
         
Dari berbagai kasus kriminalitas terjadi di Provinsi Jambi selama pelaksanaan lebaran tercatat ada 71 kasus kriminalitas yang dilaporkan kepada pihak kepolisian selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2012, kata Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah di Jambi, Jumat.
         
Operasi Ketupat yang digelar oleh Polda Jambi dan seluruh jajaran mencatat 71 kasus kriminalitas yang dilaporkan tersebut, kasus pencurian dengan pemberatan (curat) masih mendominasi, dengan jumlah 22 kasus.
         
Disusul kemudian dengan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dengan jumlah 15 kasus.
         
Kasus kriminalitas lainnya yang cukup menonjol selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2012 ini adalah kasus pencurian dengan kekerasan (curas) serta kasus pembunuhan.
         
Selain 22 kasus curat dan 15 kasus curanmor, juga tercatat ada sebanyak 8 kasus curas dan 3 kasus pembunuhan.
         
Selain itu juga ada sejumlah kasus penganiayaan, hanya saja pihak kepolisian masih belum bisa menaksir jumlah kerugian yang ditimbulkan dari kasus-kasus kriminalitas tersebut.
         
Pihaknya, kata Almansyah, sejauh ini hanya melakukan pendataan untuk jumlah dan jenis kasus yang terjadi dan dari 71 kasus kriminiltas yang tercatat itu, kasus yang paling menonjol adalah  kasus perampokan uang sebesar Rp 2 miliar milik Bank BRI di wilayah hukum Polres Batanghari.
         
Untuk kasus ini polisi masih terus dilakukan pengusutan lebih lanjut walaupun sudah ada dua pelaku yang diamankan dan ditetapkan menjadi tersangkanya.
         
Berdasarkan data yang diperoleh jumlah kasus kriminalitas di wilayah hukum Polresta Jambi masih menjadi yang terbanyak selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2012, dengan jumlah 38 kasus.
         
Disusul kemudian Polres Sarolangun dengan 9 kasus dan Polres Tanjab Barat dengan 8 kasus.
         
Sementara itu di Polres Merangin ada 5 kasus kriminalitas yang dilaporkan selama pelaksanaan Operasi Ketupat pada tahun 2012 ini. Kemudian masing-masing 3 kasus kriminalitas terjadi di wilayah hukum Polres Muarojambi dan Polres Tebo.
         
Untuk Polres Bungo dan Polres Batanghari, tercatat ada 2 kasus kriminalitas yang terjadi selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2012 ini.
         
Kemudian satu kasus kriminalitas terjadi di wilayah Polres Kerinci. (ANT-N009)