Penumpang kapal cepat mulai ramai

id penumpang, kalap cepat, penumpang kapal cepat palembang-bangka

Penumpang kapal cepat mulai ramai

Penumpang balik lebaran menggunakan kapal cepat tujuan Bangka Belitung di Pelabuhan Boom Baru Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Sebanyak lima unit kapal cepat disiapkan untuk melayani arus balik penumpang dari Bangka ke Palembang dan Palembang ke Bangka....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 1.125 penumpang yang akan menyeberang dari Pelabuhan Boom Baru, Palembang, menuju Pelabuhan Muntok, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu, atau tiga hari setelah Lebaran.

Ribuan penumpang itu menggunakan empat unit kapal cepat yang disiagakan perusahaan swasta jasa transfortasi di Kota Palembang.

Secara rinci sebanyak 337 orang menggunakan Kapal Sumber Bangka 7 yang berangkat pukul 07.00 Wib, 314 orang dengan Ekspress Bahari 8 pukul 07.30, 281 orang memanfatkan Sumsel Bangka 6, dan 161 orang dengan Ekspress Bahari 5.

Kepala Pos Terminal Pelabuhan Boom Baru Rusli mengatakan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebanyak dua kali lipat dibandingkan kemarin (21/8).

"Kemarin atau dua hari setelah Lebaran hanya 515 orang yang berangkat ke Bangka dari Palembang, namun hari ini naik menjadi 1.125 orang," ujarnya.

Menurutnya, akan terjadi peningkatan pada beberapa hari ke depan hingga delapan hari seusai Lebaran.

"Ke depan akan bertambah terus hingga jumlah penumpang balik lebaran kembali semua ke Bangka," katanya.

Sebanyak lima unit kapal cepat disiapkan untuk melayani arus balik penumpang dari Bangka ke Palembang dan Palembang ke Bangka.

"Arus mudik berasal dari Bangka ke Palembang, sementara arut balik terjadi dari Palembang ke Bangka karena banyak warga Sumsel yang bekerja di sana dibandingkan sebaliknya," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk menyukseskan arus mudik dan  balik lebaran tahun ini, PT Pelindo II bekerja sama dengan Polri, TNI, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai, serta Dinas Perhubungan.

"Terdapat sebuah posko Operasi Ketupat 2012 di Pelabuhan Boom Baru untuk melayani kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Sementara, Eka, salah seorang PNS Provinsi Babel mengatakan memilih balik pada hari ketiga setelah Lebaran karena aturan mengharuskan masuk bekerja pada Kamis (23/8).

"Supaya lebih maksimal libur Lebarannya maka pilih pulang ke Bangka menjelang berakhir yaitu hari ini. Jika berangkat besok (23/8) takutnya terkena sanksi dari kantor," katanya.(Dolly)