Penyanyi rap, Rick Ross raih posisi puncak tangga album Billboard 200

id Penyanyi rap Rick Ross, tangga album Billboard 200

Penyanyi rap, Rick Ross raih posisi puncak tangga album Billboard 200

Penyanyi rap Rick Ross (FOTO ANTARA/Reuters/Piya Sinha-Roy)

Los Angeles (ANTARA/Reuters) - Penyanyi rap Rick Ross menempatkan album keempatnya di puncak tangga album Billboard 200 pada Rabu, saat album solonya "God Forgives, I Don't" menggeser album grup musik country Zac Brown Band dari posisi puncak.

Menurut Nielsen SoundSacn, Ross, pendiri Maybach Music Group, berhasil menjual 218 ribu keping album terbarunya, yang merupakan penjualan terbaik pada pekan ini.

Kesuksesan Ross terutama dipicu oleh program penawaran khusus di Amazon MP3 yang membandrol "God Forgives, I Don't" seharga 5 dolar AS selama bulan Agustus.

Debut Ross di tangga album itu menempatkan album "Uncaged" dari Zac Brown Band yang terjual sekitar 39 ribu keping di posisi dua. Selisih penjualan antara album di posisi pertama dan kedua pekan ini cukup lebar yaitu 179 ribu keping.

Sementara itu bintang pop fenomenal asal Kanada Justin Bieber pekan ini merangkak naik ke posisi tiga dengan albumnya "Believe". Posisi empat diklaim oleh boy band Inggris One Direction dengan albumnya "Up All Night".

Program Amazon MP3 memberikan dampak signifikan bagi susunan tangga album beberapa pekan terakhir, dengan sejumlah album lama mengalami peningkatan penjualan akibat adanya penawaran pemotongan harga.

Hal yang sama juga terjadi pada album kompilasi "Hits..." Phil Collins 1998 yang berada di posisi enam pekan lalu.

Pekan ini, The Bee Gees merupakan kelompok musik terbaru yang diuntungkan oleh efek Amazon itu. Album kompilasi mereka pada 2004 "Number Ones" berada di posisi lima dengan jumlah penjualan 32 ribu keping setelah Amazon menjualnya dengan harga 99 sen dalam dua hari berturut-turut pekan lalu.

Pendatang baru lain dalam 10 besar tanggal album Billboard 200 adalah album keenam penyanyi Inggris Joss Stone, "The Soul Sessions Volume 2" yang berada di nomor 10.
(ANT/Uu.SYS/B002)