Enam negara ikuti festival barongsai

id barongsai, festival barongsai

Enam negara ikuti festival barongsai

Ilustrasi - Festival Barongsai (FOTO ANTARA)

Medan (ANTARA Sumsel) - Sebanyak enam negara dipastikan akan mengirim tim keseniannya untuk mengikuti Festival Barongsai di Gelanggang Sera Guna Jalan Willem Iskandar Medan, pada 23 - 24 Juni 2012.

"Hingga hari ini sudah enam negara memastikan ikut Festival Barongsai," kata Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan, Agus Suriono, di Medan, Kamis.

Sebanyak enam negara itu adalah Malaysia, China, Taiwan, Singapura, Hong Kong, dan tuan rumah Indonesia.

Menurut dia, Festival Barongsai merupakan salah satu dari belasan agenda kegiatan seni dan budaya yang khusus digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dalam rangka menyemarakkan Tahun Kunjungan wisata Kota Medan atau "Visit Medan Year" tahun 2012.

Bersamaan dengan penyelenggaraan festival seni khas Tiongkok berskala internasional itu, di tempat yang sama juga akan digelar atraksi seni dan budaya dari delapan etnis di Sumatera Utara (Sumut).

Seni dan budaya yang akan ditampilkan, antara lain tarian Melayu, Batak, Mandailing, Simalungun, dan Nias.

Agus menjelaskan, beragam paket acara kesenian dan budaya yang digelar dalam rangkaian kegiatan     "Visit Medan Year" tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Ibu kota Provinsi Sumut itu.

Selain untuk meningkatkan jumlah wisatawan, pihak Pemkot Medan juga bermaksud menjadikan "Visit Medan Year" sebagai salah satu momentum melestarikan seni dan budaya lokal.

"Kami memperkirakan Festival Barongsai akan disaksikan ribuan wisatawan, termasuk dari manca negara," ucap dia.

Pemkot Medan menargetkan total wisatawan manca negara yang berkunjung ke daerah itu selama tahun 2012 sedikitnya mencapai 200 ribu orang. (ANT)