Target kunjungan wisatawan asing 2012 optimistis tercapai

id wisman, wisatawan asing, target kunjungan, capai

Target kunjungan wisatawan asing 2012 optimistis tercapai

Jembatan Ampera Palembang dan alat transportasi tradisional "becak" menjadi objek yang paling dicari wisatawan asing ketika melancong ke ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini. (FOTO antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Kita optimistis tahun ini bisa mencapai 8 juta dan target kita 2014 adalah 10 juta wisatawan mancanegara...
Bandung (ANTARA Sumsel) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu optimistis target kedatangan 8 juta wisatawan mancangera ke Indonesia pada 2012 dapat tercapai.

Usai menghadiri wisuda Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Sabtu, Mari mengatakan pertumbuhan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 4 bulan pertama 2012 naik 8,8 persen dibanding 4 bulan pertama 2011.

Angka itu, menurut dia, dua kali lipat dibanding pertumbuhan pariwisata global di tengah krisis perekonomian yang masih melanda negara-negara belahan barat dunia.

"Kita optimistis tahun ini bisa mencapai 8 juta dan target kita 2014 adalah 10 juta wisatawan mancanegara," ujarnya.

Kementerian Pariwisata, lanjut Mari, berusaha untuk tidak hanya meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia tetapi juga memperbaiki kualitas dengan memperpanjang waktu tinggal dengan jumlah pengeluaran yang meningkat serta ragam destinasi wisata untuk dikunjungi.

Saat ini, menurut Mari, kualitas waktu tinggal turis mancanegara di Indonesia rata-rata selama satu pekan dengan pengeluaran 1.200 dolar AS.

"Bagaimana kita ingin meningkatkan lagi `length of stay` dengan membuat paket pariwisata yang lebih menarik sehingga mereka tidak hanya ke satu tempat tapi ke beberapa tempat," tuturnya. (ANT-D013)