Miniatur keluarga Sultan Palembang jadi cendera mata

id miniatur, miniatur sultan palembang jadi cendera mata

Miniatur keluarga Sultan Palembang jadi cendera mata

Perajin menyusun cendera mata khas Palembang berupa lukisan dengan media piring dan patung Sultan Palembang beserta keluarganya terbuat dari kayu tembesu (Foto antarasumsel.com/Nila Fu'adi)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Miniatur keluarga Sultan Palembang jadi cendera mata yang akan dipamerkan dalam rangkaian hari jadi kota itu yang ke 1.329 pada Juni nanti.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan Kota Palembang Faisyar, Rabu, mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan beragam cendera mata "hand made" khas Palembang untuk dipamerkan dalam rangka HUT Palembang ke 1.329.

Miniatur keluarga sultan yang mereka siapkan  terdiri dari sultan, permaisuri dan dua anaknya yang dibuat dari kayu tembesu.

Menurut dia, miniatur tersebut diproduksi khusus menyambut perayaan HUT Kota Palembang yang berlangsung  pada 17 Juni setiap tahun.

Kerajinan berbahan baku kayu tembesu yang dilukis menjadi keluarga sultan dengan pakaian kebesaran kesultanan.

Ia mengatakan, kerajinan khas Palembang itu sengaja mereka pamerkan untuk dikenalkan secara luas kepada masyarakat.

Produk tersebut dihasilkan oleh perajin yang notebene warga kota pempek ini bukan berasal dari daerah lain apalagi cendera mata dari impor.

Ia menjelaskan, bukan hanya miniatur keluarga sultan yang mereka siapkan tetapi beragam lukisan yang mengambarkan kejayaan Palembang pada jaman dahulu akan dipamerkan.

Kejayaan Palembang digambarkan dalam lukisan-lukisan yang dituangkan dalam kampas maupun media piring.

Sedikitnya 20 lukisan besar dengan gambar Palembang tempo dulu siap dipamerkan.

Begitu juga dengan lukisan piring dengan beragam bentuk juga akan meramaikan peringatan HUT Palembang itu. (Nila)