Perairan Bengkulu potensial untuk olahraga selancar

id perairan bengkulu, ombak bengkulu, ombak bengkulu potensial untuk olahraga selancar

Perairan Bengkulu potensial untuk olahraga selancar

Kawasan objek wisata Pantai Panjang Bengkulu dibenahi dengan pembangunan penahan gelombang (Foto antarabengkulu.com/Awi)

Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Ketua Indonesian Proamatir Surfing Championship, Robby Hendra menilai ombak perairan Bengkulu potensial untuk olahraga selancar atau "surfing".

"Saya baru kali ini mengunjungi Bengkulu, ternyata ombak di beberapa titik yang kami temukan sangat potensial untuk selancar," katanya di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan survei yang dilakukan bersama seorang rekannya dari Bali, sekaligus menjajaki Bengkulu sebagai tuan rumah kontes surfing untuk amatir.

Survei yang dilakukan di sekitar pantai Kota Bengkulu antara lain di kawasan wisata Tapak Paderi dan Pantai Panjang serta Pantai Ketaping di Kelurahan Teluk Sepang.

"Hasil survei ini akan menentukan apakah Bengkulu bisa kami jadikan sebagai tempat kedua penyelenggaraan kontes setelah di Banyuwangi tahun lalu," ucapnya.

Ombak di perairan Bengkulu sangat bagus untuk selancar sebab Bengkulu berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Di daerah Kerkap Bengkulu Tengah berjarak 15 kilometer dari Kota Bengkulu terdapat empat poin.

Demikian juga di Pantai Nibung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Teluk Sepang, Tapak Paderi dan Pantai Panjang masing-masing tiga poin.

Rencana Kota Bengkulu sebagai tempat penyelenggaraan kontes proamatir tersebut sudah dikomunikasikan dengan sejumlah pihak, termasuk Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Jika potensi ombak perairan Bengkulu dapat diangkat ke tingkat nasional maka diharapkan ikut mempromosikan Bengkulu sebagai daerah tujuan pariwisata.  (ANT)