Petani 'sulap' rawa menjadi sawah produktif

id petani, petani sawah palembang, petani lebak tanam padi

Petani 'sulap' rawa menjadi sawah produktif

Petani menanam padi sawah rawa atau lebak di kawasan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (26/5). Sawah lebak mendominasi persawahan di daerah itu seluas 8.133 Ha dengan produksi padi 4,2 ton tahun 2011. (Foto antarasumsel.com/Nila Fu'adi)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Petani di kawasan Jakabaring Palembang berupaya memperluas lahan dengan menggunakan traktor untuk 'menyulap' atau mengubah rawa menjadi sawah yang produktif.

Agustomo (48), salah seorang petani di Palembang, Sabtu, mengatakan, rawa yang diolahnya tersebut sebelumnya merupakan bagian dari sawah yang mereka kelola.

Namun, sejak setahun lalu dibiarkan tanpa ditanami padi akibatnya kini telah ditumbuhi tanaman rawa yang tingginya lebih dari satu meter.

Ia menjelaskan, untuk mengembalikan sawah tersebut menjadi produktif  mereka terpaksa meminjam traktor agar rawa itu bisa ditanami padi.

Saat ini petani di wilayah yang terletak tidak jauh dari kawasan Jakabaring Sport City sebagian telah menanam padi.

Menurut dia, lazimnya setiap Mei merupakan jadwal memasuki musim tanam padi khususnya di persawahan lebak dalam. Sedangkan sawah lebak dangkal biasanya pada April.

Sawah yang mereka kelola itu bukan milik pribadi tetapi menyewa lahan ke tuan tanah. Biasanya setiap tahun mereka membayar sewa lahan sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Palembang Sudirman Tegoeh mengatakan meski Palembang merupakan kota dengan 1,6 juta lebih  penduduk tetapi lahan persawahan di daerah itu masih cukup luas.

Ia mengatakan, persawahan di Palembang didominasi sawah lebak karena lebih dari 60 persen bagian kota adalah rawa.

Sampai kini tercatat lahan persawahan mencapai 5.800 Hektare (Ha)  dengan produksi beras sekitar 4,2 ton pada tahun 2011. (Nila)