Wisatawan Malaysia terbanyak ke Sumsel

id wisatawan, wisatawan malaysia terbanyak ke sumsel

Wisatawan Malaysia terbanyak ke Sumsel

Jembatan Ampera Palembang yang membentang di atas Sungai Musi menjadi salah satu ikon yang banyak dikunjungi para wisatawan dalam dan luar negeri. (FOTO ANTARA/Budisantoso Budiman/11)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Wisatawan asal Malaysia tercatat terbanyak berkunjung ke Sumatera Selatan pada Februari 2012 sebanyak 516 orang, disusul dari Singapura 68 orang, China 24 dan asal Amerika Serikat 22 orang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Haslani Haris di Palembang, Jumat mengatakan bahwa dari negara asal lainnya yang datang berkunjung ke provinsi tersebut selama Februari yakni dari Inggris hanya 21 orang dan selebihnya rata-rata kurang dari sepuluh orang.

Dijelaskan, jika dilihat berbandingan bulan sebelumnya jumlah kunjungan wisatawan ke Sumsel terjadi fluktuasi seperti dari Malaysia meningkat dari 210 orang menjadi 516 orang, sedangkan asal Singapura  turun dari 81 menjadi hanya 68 orang di Februari 2012.

Secara keseluruhan jumlah wisatawan manca negara datang berkunjung ke Sumsel Februari 2012 mencapai 718 orang.

Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumsel Februari itu mengalami peningkatan 79,80 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara dibanding setahun sebelumnya mengalami peningkatan 332,53 persen dari 166 orang naik menjadi 718 orang, katanya.  

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumsel Februari 2012 dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya itu antara lain disebabkan adanya kenaikan jumlah wisatawan dari beberapa negara asal.

Secara persentase, kata dia, jumlah wisatawan yang mengalami peningkatan tertinggi adalah dari Malaysia mencapai 4.200 persen, diikuti Amerika Serikat dan Inggris.

Sedangkan rata-rata bermalam di hotel berbintang di Sumsel bulan Februari 2012 mencapai 1,68 hari, atau mengalami penurunan 0,11 hari dibandingkan rata-rta lama menginap tamu asing bulan Januari 2012.

Ia menambahkan, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sumsel bulan Februari 2012 itu, sebagian besar melalui pintu masuk bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang.

Sedangkan melalui pintu masuk lainnya yakni pelabuhan laut Boom Baru, menggunakan jasa angkutan kereta api di Stasiun Kertapati, dan terminal bus Karyajaya serta Terminal Alang-Alang Lebar Palembang tidak termonitor, katanya. (M033)