Jumlah wisman berkunjung ke Sumsel meningkat 41,38 persen

id wisatawan, mancanegara, sumatera selatan, sumsel, bismark, badan pusat statistik, bps, palembang, toni panggarbesi, dinas kebudayaan dan pariwisata, s

.."wisman yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah dari Malaysia sebesar 3.227,27 persen, diikuti Jepang dan Korea Selatan"..
Palembang, (ANTARA News) - "Jumlah wisatawan mancanegara berkunjung ke Sumatera Selatan, pada Oktober 2011 tercatat 738 orang. Ini menunjukkan mengalami peningkatan di banding bulan sebelumnya yang hanya 522 orang," kata Bismark, Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Sumsel di Palembang, Senin.(2/1).

Dijelaskannya, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung tersebut meningkat 41,38 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang didata melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Sedangkan lewat pintu masuk lainnya tidak termonitor.

"Sejumlah wisman yang melalui pintu masuk Stasiun Kereta Api di Kertapati, Terminal bus Karya Jaya dan Alang-Alang Lebar serta Pelabuhan Boom Baru Palembang tidak termonitor," kata Bismark.

Lebih lanjut, Bismark mengatakan, jumlah wisman berkunjung ke Sumsel bulan Oktober 2011 itu, mengalami peningkatan dibandingkan Oktober 2010 mencapai 495,16 persen, yakni dari 124 wisman menjadi 738 orang.

"Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Sumsel pada Oktober 2011 mencapai rata-rata 58,38 persen, atau naik 2,38 poin dibanding TPK hotel bulan September 2011 sebesar 56,00 persen," ujar Bismark.

Menurutnya, dari rata-rata lama menginap tamu asing di hotel berbintang itu mencapai 1,72 hari, mengalami peningkatan 0,01 hari dibandingkan rata-rata lama bermalam tamu pada September 2011.

Sementara, peningkatan jumlah wisman berkunjung ke Sumsel bulan Oktober 2011 dibandingkan dengan bulan sama tahun sebelumnya, antara lain disebabkan oleh bertambahnya jumlah wisman dari beberapa negara asal wisatawan.

Secara persentase, wisman yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah dari Malaysia sebesar 3.227,27 persen, diikuti Jepang dan Korea Selatan.

Menurut Bismark, jumlah wisman dari Malaysia berkunjung ke Sumsel bulan Oktober 2011 sebanyak 366 orang, diikuti Singapura 93 orang, China 52 orang, Jepang dan Australia masing-masing 14 orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Toni Panggarbesi, sebelumnya menyatakan optimistis kunjungan wisatawan ke daerah tersebut selama tahun 2011 naik sampai 200 persen dibanding tahun lalu.

"Kami yakin, tahun ini peningkatan wisatawan ke Sumsel mencapai 200 persen dibandingkan tahun lalu tercatat 2,6 juta turis lokal dan 32 ribu mancanegara, karena berkaitan dengan banyaknya kegiatan nasional dan internasional yang dilaksanakan di daerah tersebut," kata Toni.

Menurut Toni, pelaksanaan beragam kegiatan di Kota Palembang terutama SEA Games XXVI, berhasil menyedot kunjungan wisatawan mencapai jutaan orang, begitu juga kegiatan lainnya.

Namun menurut Toni, sampai kini pihaknya belum bisa memastikan angka kunjungan wisatawan baik asing maupun lokal, karena biasanya rekapitulasi dilakukan setelah pergantian tahun.

Ia mengatakan, khususnya Kota Palembang kini telah menjadi alternatif tempat pelaksanaan beragam kegiatan pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (Meeting, incentive, convention, and exhibition/MICE) baik skala nasional maupun internasional.

"Tersedianya berbagai fasilitas pendukung yang berstandar internasional membuat banyak organisasi tertarik melaksanakan kegiatan MICE di "kota pempek" ini," ujar Toni.

Toni menjelaskan, tahun depan pihaknya optimistis kunjungan wisatawan ke Sumsel juga mengalami peningkatan signifikan, apalagi sejumlah agenda siap dilaksanakan tahun 2012.

"Salah satunya, Konferensi Parlemen Negara-negara Islam pada Februari yang akan diikuti 51 negara, dimana setiap delegasi mengirim sedikitnya tujuh perwakilan," kata Toni. (ANT-M033)