Kementerian Pariwisata bantu Sumsel bidik event internasional

id mice, pariwisata, sumsel, event

Palembang, (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap membantu Provinsi Sumatera Selatan membidik event berskala internasional tahun 2012, kata Direktur MICE Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Berman Lubis

"Pada tahun 2012 terdapat 20 event skala internasional yang dibidik oleh Kementerian Pariwisata, dan beberapa diantaranya kami ajukan Kota Palembang sebagai tuan rumahnya," ujar Berman, di Palembang, Selasa.

Dia menyebutkan, beberapa event yang dibidik itu telah menentukan sendiri pilihannya, seperti pertemuan kelompok surfing dunia yang diikuti 3000 atlet dari 20 negara yang memilih menggelar di NTB.

"Ada pula event yang belum ditetapkan, dan kami pun mengajukan Kota Palembang, seperti kontes robotik yang diikuti 3000 orang dari 35 negara. Sementara ini memang ditetapkan di Jakarta, tapi bisa jadi nantinya di Palembang," ujar dia.

Menurut dia, Provinsi Sumsel sangat layak menjadi destinasi pariwisata segmen MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) pasca-ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games XXVI, 11-22 November lalu.

"Saya mengamati Sumsel ke depannya akan maju dan layak menjadi wisata MICE. Semua fasilitas pendukung telah ada, dan tinggal disempurnakan lagi," ujar dia.

Dia menerangkan, untuk menjadikan Kota Palembang destinasi pariwisata segmen MICE, dibutuhkan beberapa aspek penunjang.

"Para wisatawan yang datang ke Palembang, tentunya ingin melakukan beragam aktifitas seperti berbelaja, kuliner, dan mengunjungi beragam tempat. Artinya, dibutuhkan hotel, biro perjalanan, dan tempat-tempat pariwisata. Sejauh ini, saya melihat Kota Palembang sudah sangat memenuhi," kata dia.

Guna memanfaatkan hal itu, pihaknya akan mengidentifikasi berbagai kegiatan internasional yang rutin dilaksanakan tiap kementerian, lembaga, ataupun organisasi lain.

"Setelah SEA Games, Kota Palembang jangan ditinggalkan pendatang begitu saja. Kami berharap Palembang semakin dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan," ujar dia.

Kepala Dinas Pariwisata Sumsel, Tonny Panggarbesi menggatakan, terjadi lonjakan wisatawan yang sangat signifikan saat pelaksanaan SEA Games lalu.

"Tentunya lonjakannya sangat terasa karena ada 11 negara peserta, bahkan usai SEA Games pun untuk saat ini masih kesulitan mendapatkan hotel," ujar dia.

Menurut dia, hal itu dapat dijadikan indikator jumlah kedatangan wisatawan ke Palembang.

"SEA Games sudah usai tapi hotel masih penuh, kami harap hal ini tetap berlangsung untuk itu dilakukan destinasi wisata MICE," kata dia. (ANT-039)