Festival Musikalisasi Puisi Se-Sumatera di Palembang

id musikalisasi puisi, festival pelajar, se-sumatera

Palembang (ANTARA News) - Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan akan menyelenggarakan Festival Musikalisasi Puisi Pelajar SLTA se-Sumatera keenam tahun 2011, dan ditargetkan mampu menumbuhkan kreativitas serta memperat kesatuan dan persatuan remaja se-Sumatera.

Humas Panitia Festival Musikalisasi Puisi Pelajar SLTA se-Sumatera itu, Staf Balai Bahasa Sumsel, M Irsan, dalam siaran pers yang diterima di Palembang, Senin, menjelaskan kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, 4-6 Juli di Graha Budaya Jakabaring di Palembang.

Festival diikuti siswa sekolah menengah atas yang berasal dari 10 provinsi di Sumatera, kata dia.

Menurut dia, tema festival kali ini adalah "Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Peningkatan Apresiasi Sastra Bergenre Musikalisasi Puisi."

Kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya mengembangkan kreativitas remaja dengan menjalin pertukaran budaya melalui musik dan puisi, kata dia lagi.

Ia menyatakan, setiap kelompok peserta yang terdiri dari 3-6 anggota, wajib menampilkan puisi karya WS Rendra berjudul "Gugur".

Puisi ini bermakna sebuah perjuangan, pengorbanan, dan harapan yang didasari rasa cinta tanah air, kata dia lagi.

Irsan menjelaskan, selain menampilkan puisi wajib, peserta juga harus memilih satu tema puisi yang akan ditampilkan sesuai dengan keinginan kelompok tersebut.

Dia menegaskan bahwa kekayaan tradisi musik tradisional dan kesusastraan di Sumatera dengan perpaduan musikalisasi puisi, menjadi nilai penting yang ditampilkan pada ajang tersebut.

Kolaborasi antara musik tradisional dengan puisi yang syarat makna, diharapkan mampu memberi warna bagi kesusastraan dan corak musik unik serta khas dalam dunia seni, demikian Irsan.

Pelaksanaan festival ini dilakukan secara bergantian oleh kantor bahasa di wilayah Sumatera, dengan masing-masing daerah sebelumnya telah menggelar kegiatan serupa untuk menyeleksi peserta dari daerah tersebut yang akan dimajukan di tingkat Sumatera ini.  (ANT037/K004)