Palembang (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya menggelar tes kesegaran jasmani (garjas) untuk memastikan prajurit dan pegawai negeri sipil/aparatur sipil negara (PNS/ASN) di jajarannya dalam kondisi segar jasmaninya dan selalu siap melaksanakan tugas negara.

"Untuk memastikan prajurit dan pegawai negeri sipil/aparatur sipil negara (PNS/ASN) di lima provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung, dilakukan tes kesegaran jasmani (garjas) secara periodik," kata Kepala Penerangan Kodam II/Sriwijaya, Kolonel Inf Paiman, di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, khusus prajurit dan PNS/ASN di lingkungan Markas Kodam II/Sriwijaya, hari ini digelar Tes Garjas Periodik II 2024 di Lapangan Jasdam II/Swj Palembang.

Tes Garjas itu mencakup dua bagian yakni Samapta A dan Samapta B. Untuk Samapta A peserta diwajibkan mengikuti tes lari selama 12 menit di trek lari lapangan Jasdam.

Sedangkan Samapta B terdiri dari serangkaian tes fisik seperti 'pull up, sit up, push up' selama satu menit.

Kemudian shuttle run serta ketangkasan yaitu renang gaya dada sepanjang 50 meter akan dilaksanakan pada Jumat (18/10) di kolam renang Yonif 200/Bhakti Negara Palembang.

Sebelum memulai tes, seluruh peserta menjalani pemeriksaan kesehatan awal berupa pengukuran tekanan darah yang dilakukan oleh Tim Kesehatan dari Kesdam II/Sriwijaya.

Selain itu, peserta juga mengisi formulir Samapta dan tes tersebut diawasi secara ketat oleh Tim Jasdam II/Sriwijaya untuk memastikan pelaksanaannya sesuai prosedur.

Setelah dinyatakan sehat, para peserta menerima pengarahan mengenai mekanisme pelaksanaan tes serta penekanan pada pentingnya memperhatikan faktor keamanan, sehingga tes dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Kapendam menyatakan tujuan utama dari Tes Garjas Periodik itu untuk mengukur tingkat kebugaran fisik para prajurit dan PNS/ASN TNI, guna memastikan mereka memiliki standar fisik yang memadai untuk menjalankan tugas pokok dan tanggung jawab yang diemban.

Pelaksanaan tes berlangsung dengan disiplin tinggi, aman dan lancar, diharapkan melalui kegiatan ini, personel Kodam II/Sriwijaya dapat terus menjaga kebugaran fisik mereka demi mendukung kinerja yang optimal dalam tugas-tugas pertahanan negara, ujar Kapendam Kolonel Inf Paiman.*

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024