Palembang (ANTARA) - Lembaga zakat nasional di bawah naungan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Yayasan Baitul Maal  BRILiaN (YBM BRILiaN) Regional Office (RO) Palembang, Sumatera Selatan membagikan 23 ekor hewan kurban  pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024.

"Program kurban enam ekor sapi dan  17 ekor kambing
itu merupakan wujud nyata dari komitmen YBM BRILiaN dalam mendukung masyarakat dan berbagi kebahagiaan, terutama pada hari yang penuh berkah Idul Adha," kata RCEO BRI Palembang Kusdinar, di Palembang, Selasa.

Menurut dia,  YBM BRILiaN RO Palembang ingin menekankan pentingnya kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama. 

Semua hewan kurban yang terkumpul melalui yayasan itu didistribusikan kepada masyarakat terutama keluarga miskin  di 18 kecamatan dalam wilayah Kota Palembang dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, tahun ini kami dapat melaksanakan kembali ibadah kurban dengan jumlah hewan yang lebih banyak. Kami berharap bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat  setempat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan kurban tersebut mendapat pengawasan ketat oleh tim YBM BRILiaN RO Palembang dan dipastikan prosesnya berjalan dengan baik mulai dari tata cara pemotongan sesuai dengan ketentuan syariat Islam dan distribusi dagingnya secara transparan dan efektif.

Selain itu, proses pengolahan limbah kurban dilakukan dengan metode ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

"Mengutip kata bijak, berkurban adalah tentang memberikan yang terbaik dari diri kita untuk kebaikan orang lain. Ketika kita berkurban, kita belajar arti sesungguhnya dari keikhlasan dan kasih sayang,” jelasnya.

Melalui program itu, dia mengharapkan kebahagiaan Idul Adha dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan. 

Semoga Allah SWT  menerima amal ibadah semua pegawai yang berzakat dan menyalurkan hewan kurban melalui YBM BRILiaN pada momentum Idul Adha tahun ini, ujar RCEO BRI Palembang  Kusdinar.

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024