Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - PT Semen Baturaja (SMBR) menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pengembangan budidaya ikan air tawar di Desa Marta Jaya Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, sebesar Rp150 juta.

Senior Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR Gili Aprial Braja di Baturaja, OKU, Rabu mengatakan bahwa bantuan CSR yang disalurkan itu meliputi dana untuk peningkatan sarana dan prasarana pembangunan budidaya maggot sebesar Rp52,5 juta.

Kemudian, peningkatan sarana dan prasarana pembangunan budidaya cacing sutera sebesar Rp52,5 juta dan peningkatan sarana dan prasarana demplot budi daya ikan gabus Rp45 juta.

"Jenisnya macam-macam. Ada pembangunan sumur bor, pembuatan pintu saluran air dan lain sebagainya," katanya.

Menurut dia, bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan pihak perusahaan kepada kelompok pembudidaya ikan di Desa Marta Jaya agar usaha perikanan yang digeluti berkembang.


Hal itu juga dilakukan sebagai bentuk komitmen SMBR dengan pemerintah daerah setempat untuk menjadikan Desa Marta Jaya sebagai kampung perikanan terbesar di Kabupaten OKU.

Menurut Gili, SMBR siap mendukung program-program Pemkab OKU, terlebih lagi program prioritas berkelanjutan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di daerah itu.

Bahkan, pihaknya berkeinginan memiliki lokasi budidaya ikan seperti yang ada di Desa Marta Jaya dengan memberdayakan masyarakat di Ring 1 SMBR.

"Kami juga ingin membuat area di lingkungan SMBR untuk dijadikan tempat budi daya ikan air tawar. Nanti kami fasilitasi dengan mengadakan pelatihan sehingga masyarakat Ring I bisa belajar," ujarnya.


Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024