Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan menyosialisasikan posyandu remaja untuk dibentuk di seluruh desa dan kelurahan di daerah itu guna mengatasi gangguan kesehatan di kalangan tersebut.

"Posyandu remaja adalah kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja," kata Ketua Tim Penggerak PKK OKU Selatan Isyana Lonitasari Popo di Muaradua, Rabu.

Dia mengatakan pembentukan posyandu remaja untuk meningkatkan layanan kesehatan hingga pemenuhan gizi kepada generasi muda guna mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak karena kekurangan nutrisi pada masa mendatang.

Layanan gangguan kesehatan terhadap remaja laki-laki maupun perempuan dapat diberikan secara optimal, sejalan dengan peningkatan edukasi terkait dengan reproduksi dan gizi tersebut.

"Tujuan posyandu remaja ini adalah untuk memeriksa penyakit khususnya pada remaja, seperti gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran," katanya.
 


Selain itu, katanya, melalui posyandu remaja bisa dilakukan pemeriksaan narkoba, kesehatan reproduksi, pemeriksaan anemia dan layanan lainnya yang berhak didapat para remaja.

Para kader posyandu remaja diharapkan dapat memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi remaja agar memiliki wawasan yang luas sehingga dapat memberikan manfaat bagi remaja lainnya.

Posyandu dengan fungsi promotif dan preventif juga harus mampu mendampingi remaja dalam menjalani fase krusial kehidupan mereka, sehingga para remaja memiliki tumbuh kembang yang baik.

Selain itu, kader posyandu diharapkan memberikan berbagai wawasan mengenai kesehatan, agar mereka bisa menerapkan pola hidup sehat supaya terbentuk generasi emas pada masa mendatang.

"Kami terus mendorong agar posyandu remaja dapat terbentuk di seluruh desa dan kelurahan di OKU Selatan tahun ini dan dapat berjalan sesuai dengan harapan," ujarnya.


Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024