Kabupaten OKU Timur kekurangan tenaga kesehatan

id dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan, oku timur, Erly Yani, puskesmas, rawat inap

Kabupaten OKU Timur kekurangan tenaga kesehatan

Dokter (Antarasumsel.com/Reuters)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan hingga saat ini kekurangan tenaga kesehatan khususnya di sejumlah puskesmas wilayah setempat yang masih minim dokter.

Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Erly Yani di Martapura, Minggu mengakui bahwa kabupaten setempat saat ini perlu penambahan tenaga kesehatan terutama dokter untuk melayani masyarakat berobat.

"OKU Timur saat ini memang kekurangan tenaga dokter khusunya di puskesmas rawat inap," ungkapnya.

Menurut dia, sebelumnya pernah ada tenaga kesehatan yang ditempatkan di sejumlah puskesmas wilayah setempat, namun tidak bertahan lama karena hanya berstatus Tenaga Kerja Sukarela (TKS).

"Tenaga kesehatan yang dulu pernah ada bukan PNS, namun hanya berstatus TKS jadi kebanyakan mereka tidak betah dan memilih pindah ke daerah lain," ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, pemerintah perlu melakukan perekrutan CPNS seperti menambah jumlah dokter gigi, ahli gizi dan apotaker guna meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

"Solusinya dengan mengadakan penerimaan CPNS untuk dokter. Sebab, jika tenaga kesehatan hanya berstatus TKS tidak akan bertahan lama," ujarnya.