Legislator Sumsel berharap daerah tingkatkan kualitas karet

id HM Giri Ramanda N Kiemas, Ketua DPRD, karet, petani, mata rantai distribusi

Legislator Sumsel berharap daerah tingkatkan kualitas karet

Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas (Antarasumsel.com/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas berharap pemerintah di tingkat daerah itu bisa meningkatkan kualitas karet petani sehingga harga komoditas itu bisa meningkat pula.

Selain meningkatkan kualitas karet petani, diharapkan juga terbentuknya pasar-pasar karet di tingkat daerah sehingga bisa memutus mata rantai distribusi agar harga karet naik ditingkat petani, kata Giri di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pemerintah kabupaten (Pemkab) diharapkan juga bisa membantu kelompok-kelompok petani karet berupa alat-alat yang dapat mengubah karet dari bongkahan menjadi karet setengah jadi sehingga bisa meningkatkan harga jual yang otomatis memberikan nilai tambah bagi pendapatan petani.

"Untuk meningkatkan kualitas karet di tingkat petani memang harus adanya pembinaan oleh pemerintah daerah, mulai dari camat, kepala desa ataupun membuat kelompok hingga mereka bisa ikut menjaga kualitas karet itu sendiri," ujarnya.

Ia mengatakan, adanya inisiatif membentuk Unit Produksi dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang dilakukan Pemkab Musi Banyuasin sudah membuat kelompok-kelompok tani bisa melakukan lelang karet dan berhubungan langsung dengan orang dari pabrik.

"Dengan begitu tidak melalui rantai penjualan kedua ke tiga dan ke empat," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, Kementerian PU sudah melakukan uji coba menggunakan karet sebagai campuran aspal.

Mudah-mudahan uji coba tersebut berhasil dan bisa dilakukan secara massal sehingga bisa meningkatkan harga jual karet di tingkat petani.

"Itu salah satu yang dikerjakan pemerintah pusat," tutur wakil rakyat tersebut.

Sejumlah daerah penghasil karet di Sumsel antara lain kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin dan Muaraenim.