Pemprov Sumsel-Kementerian PANRB tingkatkan pelayanan publik

id Nasrun Umar, Sekda Pemprov, Apatatur Negara, pelayanan publik

Pemprov Sumsel-Kementerian PANRB tingkatkan pelayanan publik

Nasrun Umar (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Apatatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam meningkatkan pelayanan publik.

"Kerja sama itu dilakukan karena Pemprov Sumsel telah berkomitmen untuk menciptakan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Sekda Pemprov Sumsel Nasrun Umar di Palembang, Selasa.

Ia menjelaskan, Pemprov Sumsel telah membahas perjanjian teknis bantuan pembangunan pelayanan publik dan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional di Kantor Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta.

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga bekerja sama dengan GIZ-Transformasi Wilayah Sumatera.

Pihaknya telah memaparkan kesepakatan draf tentang program transformasi meliputi ruang lingkup pelayanan dan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional, ujar dia.

Untuk mensosialisasi kerja sama itu Pemprov Sumsel akan melakukan lokakarya di Palembang akhir September 2017.

"Jadi kesempatan itu juga akan dimanfaatkan untuk menyusun program kerja ke depan," ujar dia.

Sebelumnya, kerja sama serupa sudah dilaksanakan di Jawa Timur kemudian diperluas di Sumsel dan Sulawesi Selatan.

Sementara Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Diah Natalisa dalam pertemuan lalu mengatakan pihaknya akan mengundang daerah lain seperti Jawa Timur sebagai daerah yang lebih dahulu melaksanakan program tersebut.

Pemprov Sumsel juga telah mempersiapkan beberapa staf untuk ditempatkan di daerah agar program ini dapat berjalan sesuai harapan, tambah dia.