Polda Jambi Tangkap pemodal pembalakan liar

id tangkap, pembalak, penebang pohon, polisi, kawasan hutan, tanaman industri, pelaku

Polda Jambi Tangkap pemodal pembalakan liar

Ilustrasi (Antara/Diasty Surjanto)

Jambi (ANTARA Sumsel) - Polda Jambi menangkap seorang pemodal dan sekaligus pelaku pembalakan liar di kawasan hutan tanaman industri (HTI) milik PT Lestari Asri Jaya di Desa Pasir Mayang, Kabupaten Tebo, Jambi.

Penangkapan BS dilakukan pada Sabtu lalu (16/9) setelah polisi mendapatkan informasi ada perambahan, pembalakan liar dan pengelolan kawasan hutan tanpa izin, kata Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi, Senin.

BS warga Desa Tran C 2, Kabupaten Merangin, Jambi dilaporkan atas dasar laporan seorang warga 26 Mei 2017.

Petugas yang menyelidik laporan menemukan fakta adanya perbuatan pidana yakni melakukan penambangan dan perkebunan di dalam kawasan hutan tanpa ijin menteri yang dilakukan oleh pelaku.

"Berdasarkan bukti-bukti yang didapat dari lapangan diperintah penangkapan terhadap tersangka BS tanpa perlawanan yang diringkus di Desa VII Koto, Kecamatan Tebo," kata Kuswahyudi.

Dalam melakukan aksinya pelaku sudah sejak 2012 hingga saat ini menjadi pemodal dan sekaligus pelaku perambahan hutan dan ada seluas lebih kurang 80 hektar lahan yang kemudian dikelola menjadi perkebunan kelapa sawit oleh pelaku.

Selain itu, BS juga menguasai atau menduduki kawasan hutan sekitar 250 hektara dalam areal HTI milik PT LAJ.

Guna penyelidikan pelaku telah diamankan di Polda Jambi.

Sedangkan barang bukti yang diamankan petugas, diantaranya  dua unit mesin rumput, satu alat dodos, dua unit parang dan satu egrek (peralatan kebun sawit).