Tim INASGOC tinjau kompleks olahraga Jakabaring Palembang

id Jakabaring, Eris Hariyanto, INASGOC, Asian Games

Tim INASGOC tinjau kompleks olahraga Jakabaring Palembang

Pekerja melakukan pengecatan tribun Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), di kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatra Selatan.(ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17) ()

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim Panitia penyelenggara Asian Games Indonesia, Asian Games Organizing Committee (INASGOC) meninjau perkembangan renovasi sejumlah arena di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Rabu.

Tim dipimpin Sekretaris INASGOC, Eris Hariyanto, mengunjungi sejumlah arena untuk memastikan kesiapan menyelenggarakan Asian Games pada Agustus tahun mendatang.

"Pada Oktober nanti akan diselenggarakan tes event voli pantai. Perlu bagi kami untuk mengetahui bagaimana kondisi paling update dari Jakabaring saat ini," kata Eris.

Ia mengatakan sejauh ini progres pembangunan dan perenovasian arena telah sesuai dengan harapan sehingga INASGOC sangat optimistis pada akhir tahun sudah rampung.

Tes event Asian Games XVIII 2018 pun direncanakan kembali digelar setelah sebelumnya mengelar tes event untuk triathlon Kejuaraan Asia Pasifik pada Juli 2017.

Kini, INASGOC menjadwalkan tes event untuk cabang olahraga voli pantai pada 17-23 Oktober 2017 yakni "The 6th South Sumatera Govenur Cup Asia Pasific Beach Volleyball Tournamen 2017 Road to Asian Games XVIII 2018".

Turnamen keenam di Palembang ini bakal diikuti 13 negara peserta dari daratan Asia, yakni Indonesia, Kazakhstan, Selandia Baru, Arab Saudi, Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, Hongkong, Australia, Iran, Oman dan Tiongkok.

"Tes event ini merupakan bagian komitmen negara penyelenggara (Indonesia) dengan Dewan Olimpiade Asia untuk memastikan kesiapan tuan rumah. Bukan hanya di Palembang, di Jakarta juga akan dilakukan tes event," kata dia.

Sekretaris Sub Koordinator INASGOC Asian Games 2018 Sumsel I Gede Bagus Surya Negara mengatakan persiapan tes event telah 83 persen.

"Pasir kami ambil dari Pulau Belitung, tinggal angkut. Untuk gedung diperkirakan pada 5 Oktober sudah siap," kata dia.

Kompleks Olahraga Jakabaring terus berbenah untuk menyelenggarakan perhelatan olahraga akbar 45 negara Asia. Beberapa area direnovasi seperti Stadion Menembak, Stadion Lapangan Tenis, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, GOR Ranau dan GOR Dempo.

Sementara untuk arena boling, Sumsel membangun venue baru dengan memanfaatkan bantuan pihak swasta yakni Sinarmas dan PT Pertamina. Sedangkan rencana untuk pembangunan Convention Hall untuk partai final tenis akan dibangun PT Bukit Asam.