Pemkot maksimalkan program kota tanpa kumuh

id Harobin Mastofa, sekda, kota bersih, daerah kumuh, Asian Games, pemkot

Pemkot maksimalkan program kota tanpa kumuh

Harobin Mustaf (Antarasumsel.com/Humas PemkotPalembang)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya memaksimalkan program Kota Tanpa Kumuh atau Kotaku untuk memperindah wajah kota.

Untuk membenahi kawasan kumuh di Bumi Sriwijaya ini, sejak setahun terakhir digalakkan penataan kawasan kumuh, kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Senin.

Menurut dia, pihaknya berupaya melakukan penataan 57 kawasan kumuh guna mewujudkan kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 itu menjadi kota layak huni, nyaman dan indah.

Melalui program Kotaku, kawasan kumuh yang tersebar hampir di seluruh wilayah kecamatan di kota itu secara bertahap dibenahi serta diperindah dengan penanaman pohon pelindung dan buah-buahan.

Pembenahan kawasan kumuh menjadi perhatian besar Wali Kota Harnojoyo dan program tersebut diharapkan berjalan sesuai rencana sehingga sebelum pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Asia itu, kota ini tidak ada lagi kawasan kumuh, katanya.

Dia menjelaskan, beberapa kawasan yang menjadi perhatian utama untuk dibenahi seperti kawasan yang ada di sepanjang jalan akses menuju Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II Palembang dan pusat kegiatan olahraga Jakabaring.

"Kawasan tersebut perlu tampak rapi dan indah karena akan menjadi pusat perhatian atlet dan tamu undangan dari negara kawasan Asia ketika berlangsungnya ajang olahraga itu," ujarnya.

Pembenahan kawasan kumuh tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana dan diharapkan mendapat dukungan dana dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan pemerintah pusat.

Selain memaksimalkan pembenahan kawasan kumuh, pihaknya juga berupaya melakukan pembenahan masalah sanitasi perkotaan seperti pengelolaan air limbah, ujar Harobin.