Dinsos Sumsel ajak sukarelawan bina anak bermasalah

id anak jalanan, Dinas Sosial, Belman Karmuda

Dinsos Sumsel ajak sukarelawan bina anak bermasalah

Ilustrasi - Anak Jalanan (ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya meningkatkan kegiatan pembinaan terhadap anak telantar atau anak-anak yang memiliki masalah sosial dengan mengajak sukarelawan dari yayasan sosial yang peduli terhadap mereka.

"Pembinaan terhadap anak yang memiliki masalah sosial yang selama ini dilakukan di panti sosial akan terus ditingkatkan dengan mengajak sukarelawan dari yayasan sosial yang memiliki kepedulian terhadap anak-anak itu," kata Plt Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Senin.

Menurut dia, peningkatan pembinaan terhadap anak yang memiliki masalah sosial perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya permasalahan sosial di lingkungan masyarakat.

Jika anak-anak yang telantar tidak mendapat perhatian dan pembinaan, keberadaannya di tengah-tengah masyarakat akan menimbulkan masalah sosial bahkan lebih dari itu seperti melakukan tindak kriminal yang dapat meresahkan masyarakat.

Untuk mencegah timbulnya masalah tersebut, dalam proses pembinaan, pihaknya berupaya memberikan pelatihan keterampilan tertentu sesuai minat dan bakat anak-anak bermasalah itu serta diberikan bantuan modal usaha, katanya.

Menurut dia, anak telantar sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh dibiarkan tumbuh tanpa pembinaan yang baik, oleh karena itu Dinas Sosial Sumsel berupaya mengajak pihak lain untuk bersama-sama melakukan kegiatan pembinaan itu.

Melalui pembinaan tersebut diharapkan anak-anak yang memiliki masalah sosial bisa dikembalikan ke tengah-tengah masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungannya, kata Belman.