Kapolri: Situasi Kamtibmas nasional "Landai"

id Tito Karnavian, kemanan, kamtibmas

Kapolri: Situasi Kamtibmas nasional "Landai"

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. (ANTARA/Muhammad Adimaja/Ang)

Berastagi, Sumut (ANTARA Sumsel) - Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Tanah Air dalam kondisi "landai" karena tidak adanya masalah serius yang dapat mengancam keamanan.

Ketika memberikan penghargaan untuk sejumlah personel Polda Sumut yang berprestasi di Berastagi, Kabupaten Karo, Kamis, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pihaknya hanya mencatat beberapa masalah yang terjadi di Tanah Air.

Ia mencontohkan dinamika yang muncul di Papua dan Papua Barat, serta peristiwa kebakaran lahan dan hutan di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat.

Jajaran kepolisian di Tanah Air harus memanfaatkan kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif itu untuk meningkatkan kinerja kepolisian di daerah masing-masing.

Ia mencontohkan perlu untuk menggiatkan kegiatan sosial guna lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dengan tujuan guna menjaga kamtibmas yang kondusif.

Selain itu, kondusifitas yang ada juga menjadi peluang untuk mengintensifkan penegakan hukum seperti pemberantasan narkoba, kriminalisme, dam premanisme. "Gebrak semua (kejahatan itu)", ujar Kapolri.

Meski situasi kamtibmas kondusif, tetapi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengingatkan seluruh jajarannya untuk memperkuat kinerja intelijen di lapangan.

Kinerja intelijen itu diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.