Palembang butuh 5.000 sukarelawan Asian Games

id asian games, Nirmala Dewi, sukarelawan, atlet, ofisial, INASGOC, Liaison Officer

Palembang butuh 5.000 sukarelawan Asian Games

Asian Games 2018 (Foto Antarasumsel.com/Grafis/Ang)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kota Palembang membutuhkan 5.000 sukarelawan Asian Games XVIII tahun 2018 untuk menjadi penghubung untuk berkoordinasi dan berkomunikasi sekitar 10.000 atlet dan ofisial.

Ketua Bidang Promosi Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) Sumatera Selatan Nirmala Dewi di Palembang, Rabu, mengatakan jumlah tersebut sudah termasuk Liaison Officer para tamu VVIP dan VIP yang berjumlah 500 orang.

"Total volunteer yang direkrut untuk Asian Games ada 10.000 orang, dan Sumsel kebagian 5.000 orang. Awalnya hanya kebagian 3.000 orang, tapi panitia daerah meminta 5.000 orang dan disetujui," kata Nirmala Dewi.

Kebutuhan tersebut untuk mengurus sekitar 15.000 orang atlet dan ofisial dari 45 negara yang akan mengunjungi Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

Ribuan relawan itu akan ditempatkan di berbagai sektor, mulai dari hospitality, akomodasi, media dan public relations, transportasi, teknologi informasi, dan banyak lagi.

Ia mengatakan untuk merekrut sukarelawan ini, INASGOC akan membuka pendaftaran melalui website resmi pada pekan depan. Anak-anak muda yang berusia 18 tahun ke atas, memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dengan bahasa asing dianjurkan untuk memanfaatkan kesempatan ini.

"Persyaratannya tergantung apa yang dipilih, jika mau menjadi LO VIP tentunya penampilan menjadi pertimbangan, tapi jika mau jadi LO cabang olahraga tentunya pengetahuan mengenai olahraga tersebut," kata dia.

Setelah proses seleksi rampung, para LO terpilih akan menjalani pelatihan kurang lebih enam bulan untuk mematangkan skill dan kemampuan. Khusus untuk LO VVIP dan LO VIP maka akan diberikan pelajaran tambahan yakni bagaimana bertingkah laku melayani para pejabat negara.

Para relawan ini dapat dari beragam profesi, seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga warga biasa yang diutamakan merupakan warga asli Sumatera Selatan.

"Pada kesempatan Asian Games ini, Inasgoc juga berkeinginan memberdayakan warga lokal seperti tentunya harapan masyarakat Sumsel," kata Direktur Marketing dan Promosi Sriwijaya FC ini.

Sejauh ini, terkait panitia Asian Games, Sumsel telah mengantongi sekitar 400 orang Liaison Officer yang merupakan mantan LO pada SEA Games dan Islamic Solidarity Games di Palembang.