Wagub: Sumsel butuhkan SDM kesehatan handal

id ishak mekki, wagub sumsel

Wagub: Sumsel butuhkan SDM kesehatan handal

Wagub Sumsel Ishak Mekki. (Antarasumsel.com/Humas DPRD Sumsel)

Palembang (ANTARA Sumsel) -Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan, daerah ini membutuhkan sumber daya manusia bidang kesehatan handal karena pembangunan yang ada harus diisi tenaga  berkualitas.

Bukan itu saja tetapi kesehatan sudah menjadi program utama bagi Pemerintah Provinsi Sumsel sehingga sumber daya manusia (SDM)-nya harus tersedia, kata Wagub Ishak Mekki saat wisuda XI Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang, Selasa.

Menurut dia, bahkan Sumsel menganggarkan dana cukup besar untuk kesehatan melalui program berobat gratis.

Jadi sumber daya manusia kesehatan saat ini sangat dibutuhkan dalam membangun Sumsel, kata Wagub.

Dia mengatakan, selain itu dalam mendukung masyarakat sehat Pemerintah Provinsi Sumsel terus meningkatkan fasilitas pelayanan seperti membangun rumah sakit daerah, rumah sakit gigi dan mulut dan yang lainnya.

Jadi, lanjut Wagub, kesemua fasilitas yang tersedia harus diisi dengan sumber daya manusia berkualitas.

Oleh karena itu Wagub minta agar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Palembang dapat memanfaatkan peluang tersebut.

Selain itu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan harus terus meningkatkan kualitas diri supaya mampu bersaing dalam era globalisasi sekarang ini, kata dia.

Sementara Ketua STIKes Muhammadiyah Palembang Sri Yulia mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kualitas diri supaya alumni perguruan tinggi tersebut mampu bersaing.

Selain itu pihaknya terus melakukan kerja sama baik dengan pemerintah dan swasta supaya alumninya dapat berkontribusi dalam membangun daerah.

Yang jelas menyediakan alumni siap pakai sehingga dapat mengambil bagian dalam pembangunan daerah, tambah dia.

Sementara alumni yang diwisuda tercatat 407 orang yang diantaranya 124 untuk S1 program studi keperawatan, 81 DIII Kesehatan Lingkungan, 42 orang DIII Keperawatan dan selebihnya Fisioterapi dan Ners.