Bayern menang 3-1 pada pertandingan pembukaan musim

id Bayern Munich, liga jerman, gol, pertandingan, Bayer Leverkusen, menang telak, Robert Lewandowski

Bayern menang 3-1 pada pertandingan pembukaan musim

Para Pemain Bayern Munich (Antarasumsel.com/Reuters)

Munich (Antara/Reuters) - Juara bertahan Bayern Munich menang mudah 3-1 atas Bayer Leverkusen pada pertandingan pembukaan musim Liga Jerman pada Jumat, untuk menegaskan bahwa mereka mengincar gelar liga untuk keenam kalinya secara beruntun.    

Dua pemain pendatang baru Niklas Suele dan Corentin Tolisso membawa tim Bavaria itu memimpin sebelum Robert Lewandowski menambahi gol ketiga melalui penalti, menyusul penggunaan resmi video asisten wasit untuk pertama kalinya di Liga Jerman.

Bayern tidak diperkuat separuh pemain kuncinya karena cedera termasuk kiper Manuel Neuer, Thiago Alcantara, dan Jerome Boateng, namun hal itu tidak pernah terlihat ketika mereka menggempur Leverkusen selama lebih dari satu jam di Allianz Arena.

Admir Mehmedi mencetak satu gol balasan pada menit ke-65 untuk tim tamu, yang menyia-nyiakan sejumlah peluang larut untuk memperkecil ketertinggalan.

"Kami harus memperbaiki pertahanan kami," kata pelatih Bayern Carlo Anceloti kepada para pewarta. "Namun saya tidak cemas. Kami akan semakin baik."

"Pada fase ini, apapun dapat terjadi. Jika kami ingin memiliki "clean sheet," kami harus lebih rapat. Kami berkali-kali memberikan mereka terlalu banyak ruang."

Bayern nyaris membuka keunggulan pada menit kelima ketika pemain Prancis Tolisso, pemain termahal klub dengan transfer 41 juta euro, memiliki peluang untuk mengukir gol pada debutnya di liga namun kiper Bernd Leno mampu menahan tembakan mendatarnya.

Lima menit kemudian barulah tuan rumah mampu memecahkan kebuntuan ketika Suele menanduk bola, setelah sesama pemain baru Sebastian Rudy mengirim bola tendangan sudut ke tiang jauh.

Gelandang Tolisso menyumbang gol pada menit ke-19 melalui sundulan jarak dekat dari umpan silang Arturo Vidal.

Upaya Tolisso kemudian mengenai tiang gawang empat menit kemudian, ketika Leverkusen begitu kesulitan menahan tekanan Bayern.

    
   Tertunda karena hujan
Awal babak kedua tertunda lebih dari 20 menit karena hujan deras, namun tujuh menit kemudian penggunaan video asisten wasit untuk pertama kalinya di Liga Jerman membuat Bayern mendapatkan hadiah penalti.

Penyerang Polandia Lewandowski, yang dijatuhkan oleh Charles Aranguiz, mengonversi penalti untuk menjadi gol ketiga Bayern sebelum Mehmedi mengemas gol dari jarak dekat.

Leverkusen akhirnya mampu memperbaiki permainannya namun mereka menyia-nyiakan sejumlah peluang saat Bayern menurunkan tempo permainan.  

Runner up musim lalu RB Leipzig memulai upaya mereka meraih gelar di markas Schalke 04 pada Sabtu, sedangkan Borussia Dortmund, yang finis di peringkat ketiga, bertandang ke markas VfL Wolfsburg.   (H-RF)