IMI dorong daerah gelar kejurnas Rally

id Rally, imi, Ikatan Motor Indonesia, Fahrul Sarman, olahraga otomotif

IMI dorong daerah gelar kejurnas Rally

Ilustrasi--Kejurda Offroad Ikatan Motor Indonesia (IMI). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ikatan Motor Indonesia mendorong pemerintah daerah aktif menggelar kejuaraan rally karena bermanfaat untuk promosi pariwisata dan lainnya.

Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Jawa Barat Fahrul Sarman di Palembang, Jumat, mengatakan, daerah-daerah yang selama ini tidak pernah menggelar kejuaraan rally sebaiknya membaca peluang ini karena olahraga otomotif memiliki penggiat cukup banyak.

"Seperti Sumatera Selatan, setahu saya terakhir kali digelar di sini pada 2008 dan baru diadakan lagi sekarang. Ini karena pemerintah kabupatennya ingin mengangkat nama daerah," kata Sarman.

Peringkat dua nasional nomor M2 ini mengatakan daerah-daerah lain dapat mencontoh apa yang dilakukan Pemkab Ogan Ilir yang piawai dalam memilih arena.

Lokasi lintasan di Tanjung Senai dipandang sangat strategis karena dapat dijangkau dari ibukota daerah Palembang hanya kurang lebih 30 menit.

Arena ini sangat disukai oleh pembalap kategori sprint karena dapat memacu pembalap mencapai top speed-nya. Kontur tanah juga menjadi keunggulan tersendiri karena ada tekstur tanah, lumpur dan pasir.

"Jika mau buat lintasan maka contohlah seperti Sumatera Selatan, akses kemana-mana mudah dan fasilitas pendukung tersedia. Termasuk ke arena speed rally di perkebunan tebu yang jaraknya tidak jauh dengan arena sprint rally," kata dia.

Sementara itu 24 pembalap nasional peserta Kejurnas Rally mulai menjajal lintasan di Tanjung Senai, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat.

Tim-tim yang ambil bagian Fina Bosowa Rally Team, Bintang Otomotif, Speed Line Motorsport, GT Racing 4 Motorsport, Best Parkir Rally Team, BRM Motorsport.