PKB keluarkan mama calon Kepala Daerah September

id pkb, calon kepala daerah

Palembang (ANTARA Sumsel) - Partai Kebangkitan Bangsa akan mengeluarkan nama-nama bakal calon kepala daerah yang akan diusung pada P:ilkada serentak 2018 pada September 2017.

"Mudah-mudahan nama bakal calon kepala daerah itu paling lambat September sudah keluar," kata Sekretaris DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Selatan Nasrul Halim di Palembang, Senin.

Menurut dia, pihaknya sudah ketemu dengan DPP PKB kalau bisa untuk Sumatera Selatan dipercepat dan itu hasil desakan kandidat, karena mereka mau koalisi dengan partai lain untuk deklarasi.

Selain itu, juga untuk membuat bahan sosialisasi seperti spanduk dan banner, kata Nasrul yang juga anggota DPRD Sumsel tersebut.

Ia juga mengatakan, kalau untuk bakal calon kepala daerah itu akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Untuk fit and proper test ini rencananya akan dilaksanakan pada akhir Agustus 2017 dan yang melakukan DPP PKB.

Ia menyatakan, semua nama-nama bakal calon kepala daerah yang telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran ke PKB akan disampaikan seluruhnya ke DPP PKB.

Ia mencontohkan, bila di salah satu daerah ada yang mengambil berkas formulir 14 bakal calon kepala daerah dan mengembalikan hanya lima orang, maka lima orang itulah disampaikan ke DPP untuk mengikuti fit and proper test.

Jadi, semua keputusannya di DPP PKB, tetapi tentunya DPP akan mendengar masukan dari DPC dan DPW, karena yang mengetahui daerahnya, katanya.

Pilkada serentak 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan dan ditambah pemilihan gubernur/wakil gubernur Sumsel.