Biarkan anak-anak berkembang sesuai bakatnya

id anak-anak, pendidikan, karakter, perkembangan, guru, minta, jurusan

Biarkan anak-anak berkembang sesuai bakatnya

Dokumentasi- Anak-anak TK dan Paud saat ikut lomba mewarnai (Antarasumsel.com/Aziz/17)

....Jadi jangan sekali-kali mengatakan anak itu bodoh atau tidak bisa berbuat apa-apa....
Surabaya (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta para guru dan orang tua membiarkan anak-anaknya berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya.

"Jika mereka tidak suka matematika tetapi suka olahraga dan musik biarkan saja, jangan dipaksakan. Sebab, sikap ini akan mempengaruhi tumbuh kembangnya ke depan dengan harapan bisa menorehkan prestasi," kata Risma di Surabaya, Senin.

Menurut dia, dengan memahami dan mengerti bakat minat anak, ke depan anak-anak ini mampu bersanding sejajar dengan anak-anak di dunia. "Itu mimpi saya, karena bagaimanapun mereka adalah penerus bangsa ini, bukan kita," katanya.

Hal ini juga sempat disampaikan di sejumlah acara, salah satunya di acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar di Halaman Taman Surya, Minggu (13/8). Risma mengajak seluruh anak yang hadir untuk naik ke panggung bernyanyi lagu Surabaya oh Surabaya dan lagu nasional Indonesia Tanah Pusaka yang diiringi alat musik keyboard.

Usai menyanyi, Risma berbincang dengan salah satu pemain musik bernama Ibar yang merupakan siswa difabel. Ketika berbincang, Risma menawarkan kepada Ibar untuk mau tampil pada salah satu acara internasional di Surabaya.

"Sebentar lagi ibu kedatangan tamu dari negara-negara internasional, Ibar mau ya tampil dan ngiringi musik buat ibu dan tamu undangan," kata Risma kepada Ibar.

Melalui Ibar, Risma memberi pesan kepada para orang tua dan guru bahwa setiap anak yang lahir telah dikaruniai bakat dan minat tersendiri oleh Tuhan.

"Jadi jangan sekali-kali mengatakan anak itu bodoh atau tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya butuh pengertian dan dukungan dari kita supaya ke depan mereka mengerti arah dan tujuan kehidupannya," katanya.