Pertamina latih 45 safety man SPBU

id Pertamina, pelatihan, kebakaran, spbu, pengisian bahan bakar, M Roby Hervindo

Pertamina latih 45 safety man SPBU

Pertamina memberikan pelatihan 45 safety man pada petugas SPBU. (Antarasumsel.com/Susilawati/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel kembali melatih sebanyak 45 orang manager dan pengawas stasiun pengisian bahan bakar umum di wilayah Sumatera Selatan.

Para peserta dibekali pengetahuan dan praktik pemadaman api, kata Area Manager Communication and Relations Sumbagsel M Roby Hervindo dalam rilis, di Palembang, Minggu.

Menurut dia, pelatihan berkala dan berkesinambungan ini sangat penting, karena data menunjukkan insiden yang terjadi di SPBU, sebanyak 70 persen disebabkan oleh faktor manusia.

Sedangkan sisanya disebabkan faktor-faktor lain seperti sarana dan fasilitas.

"Harapannya melalui pelatihan ini para petugas yang melayani konsumen di SPBU dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya dalam aspek keselamatan kerja. Pertamina mewajibkan seluruh SPBU untuk menunjuk safety man," katanya pula.

Ia mengingatkan, setiap petugas SPBU juga harus memahami risiko bahaya yang mungkin saja terjadi di lingkungan kerjanya, sehingga para petugas mampu melakukan penanggulangan keadaan darurat tersebut.

Kesigapan dalam bertindak ini yang sangat dibutuhkan agar tidak menimbulkan risiko bahaya yang lebih besar, ujarnya.

Pertamina juga mengimbau para konsumen agar dapat memahami segala risiko bahaya tersebut dengan mematikan mesin saat pengisian bahan bakar, tidak mengaktifkan alat komunikasi dan alat pemantik api selama di SPBU serta tidak merokok.

"Peraturan ini harus kita taati bersama agar kita semua terhindar dari bahaya kebakaran di SPBU," katanya lagi.