Menpora: Bonus SEA Games tidak hanya uang

id Imam Nahrawi, menpora, olah raga, prestasi, bonus, hadiah

Menpora: Bonus SEA Games tidak hanya uang

Imam Nahrawi (ANTARA /Wahyu Putrp A)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi berjanji sudah mempersiapkan bonus bukan hanya dalam bentuk uang bagi para atlet yang memenangkan medali di SEA Games XXIX.

"Soal bonus juga disiapkan dan sesuai arahan Bapak Presiden, bonus tidak harus berupa uang saja tetapi harus ada stimulan yang lain. Kami sudah berbicara dengan Menteri PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) bahwa peraih medali emas nanti akan dipromosikan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)," kata Nahrawi di kompleks istana Presiden Jakarta, Senin.

Imam menyampaikan hal itu seusai pelepasan kontingen Indonesia yang akan bertanding di SEA Games Kuala Lumpur pada 19-30 Agustus 2017 oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami sudah berbicara dengan Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) agar ada fasilitas perumahan bagi peraih medali¿, tentu ini lompatan baru yang disiapkan pemerintah. Kita akan melihat lebih lanjut dengan Kementerian PUPR," tambah Nahrawi.

Usulan bonus lain menurut Nahrawi adalah menggandeng BUMN agar para atlet berprestasi dapat dipromosikan sebagai pegawai BUMN sehingga masa depan atlet betul-betul terjamin.

"Kalau uang tunai sudah pasti, meskipun anggarannya harus kita rasionalisasi kembali, ini untuk peraih emas, perak, dan perunggu, tergantung tipenya," ungkap Nahrawi.

Total ada 870 orang dalam kontingen SEA Games XXIX asal Indonesia yang terdiri atas 533 atlet, 170 orang pelatih, 55 orang perangkat pendukung, dan 122 orang peserta mandiri sehingga berada di luar beban target kontingen.

SEA Games XXIX mempertandingkan 38 cabang olahraga untuk memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak dan 529 medali perunggu.

Kontingen Indonesia rencananya akan mengikuti 37 cabang olahraga dengan target memperoleh 55 medali emas dan 95 perak dari 30 cabang olah raga.

Target itu meningkat dari perolehan medali Indonesia di SEA Games Singapura 2015 di Singapura saat Indonesia mendapatkan 47 emas dan berada di peringkat ke-5 peserta.