Presiden: Tiga tahun lagi Indonesia bebas rubella

id jokowi, presiden, penyakit, wabah, campak, rubella

Presiden: Tiga tahun lagi Indonesia bebas rubella

Presiden Joko Widodo. (ANTARA /Puspa Perwitasari/Ang)

Yogyakarta (ANTARA Sumsel) - Presiden Joko Widodo menginginkan agar tiga tahun lagi dari sekarang atau pada 2020 Indonesia bisa terbebas dari penyakit campak dan rubella.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR) yang dilaksanakan di MTs Negeri 10 Sleman yang terletak di Ngaglik Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Selasa.

"Saya mendukung penuh dilaksanakan kampanye imunisasi nasional agar anak-anak bisa bebas dari Measles-Rubella," kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi sejumlah menteri dan pejabat di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Puan Maharani, Staf Khusus Presiden Johan Budi SP, Gubernur DIY Sultan Hamengkubowono X, dan Bupati Sleman Sri Purnomo.

Presiden mengatakan, imunisasi merupakan salah satu upaya untuk menjaga anak-anak dan untuk membuat mereka tetap sehat.

"Ini adalah tugas setiap orang tua dan juga tugas dari negara. Anak-anak dititipkan Alloh untuk kita sayangi, kita didik, kita jaga, kita ayomi terutama menjaga mereka dari berbagai penyakit yang berbahaya dan mematikan," katanya.

Presiden menekankan penyakit campak dan rubela yang sudah terbukti dan diketahui di seluruh dunia sebagai penyakit yang bahaya jika dibiarkan menjangkiti anak-anak.

Ia mengatakan saat ini di Indonesia masih kurang dari 1 persen yang mendapatkan imunisasi MR yang dianggapnya masih sangat kecil.

"Idealnya lebih dari 95 persen harusnya sudah dapat imunisasi MR dan bahkan 100 persen. Inilah yang harus kita lakukan," katanya.

Oleh karena itulah Pemerintah berkomitmen kuat dalam mewujudkan eliminasi campak dan mengendalikan penyakit rubella serta kecacatan bawaan akibat rubella di Indonesia pada 2020.

Strategi yang ditempuh yakni pemberian imunisasi MR untuk anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun.

Setelah mencanangkan kampanye imunisasi MR, Presiden menyempatkan diri berdialog dengan siswa yang telah diimunisasi lalu menanyakan kepada mereka terkait imunisasi yang baru dijalaninya. Dua siswa yang berdialog dengan Presiden yakni Ikhsanudin Nur Rosyid dan Naraya Nindya Hastiwi mendapatkan hadiah sepeda.

Presiden kemudian meninjau area imunisasi MR yang berada di lokasi MTs N 10 Sleman, DI Yogyakarta.