Pertamina RU III laksanakan Clino Gigi

id pertamina, clino gigi

Pertamina RU III laksanakan Clino Gigi

CSR Clino Gigi Pertamina RU III (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertamina Refinery Unit III bekerja sama dengan Rumah Sakit Pertamina Plaju kembali melaksanakan program clino gigi, setelah pada tahun lalu untuk 1.200 anak dari enam Sekolah Dasar di Plaju, Palembang.

Program clino gigi dilaksanakan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga masih tingginya tingkat gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti infeksi struktur gigi atau karies, kata General Manager RU III, Djoko Priyono di SD Negeri 25 Banyuasin I, Senin.

Ia menjelaskan bahwa di Indonesia sendiri, menurut survei yang dilakukan Badan Kesehatan Gigi Nasional pada tahun 2015, sekitar 74 persen anak umur enam tahun dan 59 persen anak umur 12 tahun masih berpotensi terkena karies gigi.

Faktor penyebabnya beragam, namun yang utama adalah kondisi ekonomi memicu konsumsi makanan merusak gigi dan masih kurangnya kesadaran untuk menyikat gigi, hanya 82 persen anak Indonesia di umur 12 tahun membersihkan giginya sebanyak dua kali sehari.

Program clino gigi adalah perwujudan komitmen Pertamina dalam mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan gigi anak-anak di wilayah sekitar operasi perusahaan.

Clino Gigi hadir sebagai bentuk kontribusi untuk meningkatkan kesadaran serta menangani penyakit gigi dan mulut pada anak. Gigi dan mulut adalah salah satu organ vital yang patut dijaga kesehatannya, ujarnya.

Clino gigi diperuntukkan bagi siswa Sekolah Dasar agar mendapat pemahaman akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Dalam program clino gigi, para siswa mendapatkan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut, melakukan kegiatan sikat gigi bersama serta pemeriksaan kesehatan gigi secara intensif.

Program clino gigi pada hari ini fokus kepada pelaksanaan pengobatan lebih lanjut diperlukannya tindakan seperti penambalan, pencabutan gigi, dan sebagainya setelah pada tanggal 25-28 Juli 2017 telah dilakukan pemeriksaan kepada anak- anak tersebut.

Ia berharap, program ini dapat meningkatkan kesadaran anak dan orangtua untuk merawat gigi mereka agar tetap sehat dari umur sedini mungkin.

"Fisik yang sehat dapat meningkatkan produktivitas anak di masa mendatang, bahkan sekecil kesehatan gigi dan mulut. Mudah-mudahan langkah kecil kita pada hari ini dapat mempersiapkan anak-anak kita menjadi generasi penerus bangsa di masa depan," tuturnya.

Sementara Direktur RS Pertamina Plaju, Nanang Sugiarto menjelaskan bahwa selain program clino gigi, pada tahun 2017 ini terdapat beberapa program CSR di bidang kesehatan.

"Dalam bidang kesehatan kami memang memiliki beberapa program, selain clino gigi, kami sudah mengadakan khitanan gratis, dan pada akhir tahun akan ada operasi Hernia, bibir sumbing, dan katarak," katanya.

Pada tahun ini, clino gigi hadir melalui pemeriksaan gigi gratis bagi 434 siswa dari empat Sekolah Dasar di Ring I Pertamina RU III yakni SD Negeri 25, SD Negeri 12, SD Negeri 13, dan SD Negeri 17 Kecamatan Banyuasin I.