Wali Kota Palembang janji permudah perizinan

id wakot, wakot harnojoyo

Wali Kota Palembang janji permudah perizinan

Wali Kota Palembang Harnojoyo (kanan) dan Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo menjanjikan kemudahan dalam proses mendapatkan izin usaha ke para investor untuk memanfaatkan momen Asian Games XVIII tahun 2018.

"Menjelang Asian Games, kami mengundang investor untuk menanamkan modal ke Palembang. Tidak perlu khawatir akan rumit karena beberapa standar operasi prosedur dalam perizinan sudah dipangkas," kata Harnojoyo di Palembang, Senin.

Ia mengatakan kehadiran investor sangat diharapkan di berbagai sektor terutama sektor pariwisata karena jika hanya mengandalkan dana bersumber dari APBD dan APBN maka jumlahnya sangat terbatas.

Kalangan swasta diharapkan berperan aktif dengan merambah sektor pariwisata seperti bisnis hotel, restoran dan kafe, gerai-gerai cenderamata, dan lainnya.

Sektor pariwisata ini diharapkan dapat dipercepat perkembangannya karena memiliki multi efek yang luar biasa karena mampu menumbuhkan ekonomi rakyat dan ekonomi kreatif.

"Pada prinsipnya pemkot siap membantu proses administrasi bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Palembang," tegas Harnojoyo.

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Palembang, Ahmad Zazuli menyampaikan, ada beberapa program investasi yang ditawarkan Pemkot Palembang kepada calon investor.

Salah satu yang sedang ditawarkan investasi kawasan wisata sungai di Pulau Kemaro.

"Beberapa investor sudah melakukan penjajakan dan siap menanamkan modalnya di Pulau Kemaro," jelasnya.

Menurut mantan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang ini, sebetulnya banyak peluang investasi di sektor pariwisata sungai, namun pemkot menilai Pulau Kemaro merupakan lokasi yang paling siap. "Sudah ada puluhan bungalow di sana, tinggal lagi dikemas oleh investor," kata dia.