Palembang raih Piala Adipura

id harnojoyo, wako palembang

Palembang raih Piala Adipura

Wali Kota Palembang Harnojoyo membersihkan sampah bersama masyarakat di salah satu bendungan kawasan pemukiman penduduk (dok. Humas Pemkot Palembang)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kota Palembang kembali meraih Piala Adipura pada 2017 setelah sebelumnya selama 11 tahun terakhir menerima anugerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara berturut-turut.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan pemkot telah menerima undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLH RI) perihal penyerahan anugerah tersebut di Jakarta pada 2 Agustus 2017.

"Dari lampiran surat tersebut, Palembang menempati urutan teratas kota penerima adipura untuk wilayah Sumatera," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan keberhasilan meraih penghargaan patut disyukuri mengingat pada tahun ini para birokrat telah bekerja keras terkait upaya mempersiapkan Palembang menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Saat ini Palembang dalam proses pembangunan besar-besaran seperti jalur kereta api dalam kota LRT, jembatan, jalan tol dan lainnya.

"Kota kotor, macet, berdebu tapi para petugas tidak pernah berhenti bekerja untuk membersihkannya," kata dia.

Ia menambahkan bahwa program gotong royong yang dijalankan sejak dua tahun terakhir telah berdampak positif yakni menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan tempat tinggal.

Beberapa anak sungai yang selama ini tidak berfungsi, berkat program gotong royong ini sudah bisa dialiri air sehingga dapat mencegah banjir di suatu kawasan.

Menurutnya, saat ini program gotong royong telah diapresiasi banyak pihak, bahkan Presiden Joko Widodo juga memberikan pujian.

"Jadi penghargaan Adipura ini sangat layak kami terima," kata Harnojoyo.