Tim Saber Pungli datangi kantor Disdukcapil Lahat

id pungli, saber pungli

Tim Saber Pungli datangi kantor Disdukcapil Lahat

Ilustrasi- Stop pungutan liar. (IST)

Lahat, Sumsel (Antarasumsel.com) - Sejumlah anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Lahat, Sumatera Selatan bersama tim sapu bersih pungli mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, Selasa, karena sesuai laporan masyarakat ditengarai pegawai Dukcapil melakukan tindakan kecurangan.

Alhasil, para oknum petugas ini langsung mengamankan puluhan karyawan catatan sipil yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) beserta sejumlah barang bukti.

Salah satu warga yang enggan disebut identitasnya mengatakan, beberapa pegawai terkejut atas kedatangan tim saber pungli ini. Bahkan setelah dilakukan penggeledahan ditemukan sejumlah uang yang kuat diduga hasil pungli atas jasa kepengurusan berkas data warga.

"Kami juga awalnya tidak tahu siapa mereka, ternyata polisi yang menyamar," katanya.

Sementara Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi, melalui Kasat Reskrim AKP Ginanjar membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di dinas tersebut. Namun untuk kepentingan penyidikan nama-nama terduga dalam kasus ini belum bisa dipublikasikan.

"Untuk saat ini kami masih mendalami kronologi praktik punglinya dan melakukan pemeriksaan terhadap para terduga. Yang jelas dalam satu ruangan itu kami bawa ke Polres dulu. Bahkan ada seorang di antaranya kami dapati uang berbagai pecahan rupiah dalam jumlah cukup banyak," kata Ginanjar.

Penangkapan ini merupakan hasil dari upaya penyamaran oleh Kasat Reskrim, AKP Ginanjar, bersama timnya di kantor Disdukcapil Lahat tersebut.

"Saya sempat perhatikan dari aktivitas di sana ada yang janggal, karena tidak sesuai alur dan prosedur layanan," ungkapnya.